PADANG - Sebanyak 12 anggota Polres Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Selain 12 anggota polisi, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) yang bekerja di Polres Padang Pariaman juga dinyatakan positif Covid-19.

Dikutip dari Kompas.com, ke 13 orang tersebut diketahui positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab massal dalam tiga hari belakangan di Polres Padang Pariaman.

''Betul, ditemukan 12 personel dan satu ASN yang positif di Polres Padang Pariaman,'' kata Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Sumbar Kombes dr Sucipto yang dihubungi Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Dituturkan Sucipto, mereka yang positif saat ini diisolasi dan dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Padang dan Balai Diklat BKSDM Sumbar.

Sucipto mengatakan, awalnya pada 16 Agustus ditemukan satu personel Polres Padang Pariaman yang positif Covid-19. Kemudian dilakukan tes swab massal yang melibatkan semua personel dan ASN Polres Padang Pariaman.

''Ada total 174 personel dan ASN yang kita tes swab. Hasilnya ada 12 personel dan satu ASN yang positif,'' ucap Sucipto.

Selanjutnya akan dilakukan tes swab bagi keluarga personel dan ASN yang positif Covid-19.

Sucipto mengatakan, pihaknya secara bertahap akan melakukan tes swab massal bagi seluruh instansi kepolisian yang ada di Sumbar.

''Akan kita lakukan secara bertahap tes swab ini untuk seluruh instansi. Ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,'' kata Sucipto.

Perketat Protokol Kesehatan

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi terpisah mengatakan, saat ini pelayanan di Polres Padang Pariaman dilakukan dengan protap kesehatan yang ketat.

''Protokol kesehatan dilakukan secara ketat. Wajib pakai masker, cuci tangan, dan diukur suhu tubuh,'' kata Stefanus.

Protokol kesehatan yang ketat juga berlaku di seluruh institusi kepolisian di Sumbar.

''Bukan hanya di Padang Pariaman, semuanya diperketat,'' kata Stefanus. ***