DELISERDANG-Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) USU yang diketuai Prof. Tulus, Vor. Dipl. Math, M.Si, Ph.D melalui Pengabdian Masyarakat (Pemas) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara melalui program profesor mengabdi melakukan pengabdian masyarakat di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang (21/7/2020) bertempat di desa Bandar Labuhan.

Acara dihadiri oleh Camat Kecamatan Tanjung Morawa Bapak Marianto Irawadi S.Sos dan Bapak Hajemen sebagai Kepala Desa Bandar Labuhan serta TP. PKK Ir.Anita Mariana.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam Profesor Mengabdi melakukan kegiatan untuk mengatasi permasalahan yang ada di desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Adapun permasalahan yang ditemukan tim pengabdian dari Profesor Mengabdi adalah berkaitan dengan permasalahan dalam penjualan makanan usaha kecil yang kurang berkembang sebagai usaha rumahan yang bergerak di bidang kuliner. "Padahal usaha ini di harapkan memberikan kontribusi Untuk membangun ekonomi keluarga melalui pemberdayaan ibu rumah tangga agar pembangunan sosial ekonomi dilingkungan sekitar dapat mengatasi pengangguran serta membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga dan orang di sekitarnya." ucap Prof. Tulus.

Adapun Tim pengabdian Profesor Mengabdi terdiri dari : Prof. Dr. Ritha F Dalimunthe, SE., M.Si dan Prof. Dr. Arlina Nurbaity Lubis, S.E., M.B.A dengan melibatkan 3 orang mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan advokasi kepada bapak Camat Kecamatan Tanjung Morawa, dari hasil advokasi disepakati kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha ini dilakukan di desa Bandar Labuhan, kecamatan Tanjung Morawa.

Adapun alasan desa Bandar Labuhan ini menjadi sasaran pengabdian masyarakat Profesor Mengabdi karena banyak ibu rumah tangga merupakan pelaku usaha kecil makanan olahan yang diharapkan dapat berubah menjadi wirausaha perempuan atau women entrepreneur. Pelatihan ini dilakukan di kantor kepala desa Bandar Labuhan yang dihadiri oleh bapak Camat Tanjung Morawa yaitu Bapak Marianto Irawadi S.Sos dan kepala desa Bandar Labuhan yaitu bapak Hajemen.

Selain melakukan pelatihan untuk memantau pembuatan bisnis model canvas serta perkembangan usaha maka Komunitas Perempuan disepakati untuk diberi nama UMKM warna warni serta memiliki group Whatsapp dengan nama group UMKM warna-warrni. Adapun ketua tim pelaksana : Prof. Dr. Ritha F. Dalimunthe, SE, M.Si Menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan pengabdian ini adalah “sebagai profesor kita harus tetap melakukan tridharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat.”

Adapun pengabdian kali ini adalah melakukan pelatihan dan pendampingan ibu rumah tangga para pelaku usaha tentang kewirausahaan dan bisnis model canvas serta pemasaran online dalam mengembangkan usaha penjualan makanan yang memiliki kontribusi dalam peningkatan pendapatan ekonomi keluarga. Selain itu melalui pengabdian ini, ibu rumah tangga tersebut diharapkan mampu menjadi wirausaha wanita atau women entrepreneur dengan segala keterbatasannya memiliki kemampuan serta keahlian dalam memasarkan produk yang dihasilkan serta dapat mengembangkan usaha industri makanan secara berkelanjutan dan berdaya saing dengan melakukan rancangan bisnis model canvas dan pemasaran online yang tergabung dalam komunitas perempuan. Setelah dilakukan pelatihan, ibu rumah tangga yang tergabung dalam komunitas UMKM warna warni berjumlah 23 orang termasuk tim Profesor Mengabdi dan mahasiswa sebagai pendamping kegiatan pelatihan.