JAKARTA - Sempena HUT RI ke-75 Republik Indonesia, Nusantara Mengaji dan Indonesia Murojaah menggelar Khataman Alquran yang digelar dua hari Minggu-Senin (16-17/8/2020).

Acara tersebut, diharapkan bisa memacu semangat generasi muda khususnya pemuda Islam untuk terus menggelorakan semangat kemerdekaan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan berpedoman pada Alquran sebagai bekal di akherat nanti.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid kepada wartawan, Senin (17/8/2020) di Jakarta.

"Dengan semangat kemerdekaan saya ucapkan selamat kepada para pemuda islam yang saat ini sedang mengikuti khataman Alquran bareng Nusantara Mengaji," ujarnya. 

Pemuda Islam menurut Koodinator Nasional Nusantara Mengaji itu, selama ini sudah teruji dalam hal bela negara. Bahkan kata Gus Jazil, sapaan akrabnya, Pemuda Islam sejak dahulu sudah menjadi pelopor cinta tanh air. "Jadi jangan ragukan jiwa nasionalisme pemuda islam," terangnya.

"Sejak pra kemerdekaan, pemuda islam sudah terlibat dalam menumbuhkan nasionalisme dan semangat anti penjajah. Bahkan teks Proklamasi juga dibaca Soekarno- Hatta yang keduanya juga tokoh islam," tambahnya. 

Politisi PKB Ini menambahkan, perjuangan pemuda islam kini lebih diakui setelah penetapan hari Santri Nasional yang ditandai resolusi jihad para ulama yang melahirkan hari Pahlawan pada 10 Nopember.

"Kini, para pemuda dituntut melanjutkan perjuangan kemerdekaan dengan menjadi insan kreatif yg mengisi berbagai bidang perjuangan, agama, politik, ekonomi dan sosial budaya," ajaknya. 

"Kita harus banggs menjadi pemuda, Dirgahayu Republik Indonesia, Merdeka," pungkasnya.***