SERDANGBEDAGAI-PT Aqua Farm Nusantara (PTAN) dengan senang hati mengumumkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai telah menyampaikan kepada perusahaan bahwa 14 karyawan telah dipulangkan dari rumah sakit. Karyawan tersebut sebelumnya dirujuk ke rumah sakit sebagai upaya pencegahan kesehatan sehubungan dengan hasil tes positif COVID-19, meskipun mereka tidak menunjukkan gejala apapun.

“Kami sangat bahagia dan lega mendengar kabar baik ini. Kami akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai untuk mengurus kepulangan karyawan ke keluarga mereka dan lebih lanjut untuk dapat kembali bekerja di fasilitas produksi kami di Lubuk Naga,” kata David Tampubolon, Head of Human Resources, PT Aqua Farm Nusantara.

Sebelumnya, PTAN melaksanakan Program Tes COVID-19 untuk karyawan secara sukarela yang melibatkan 2.200 karyawan dan masyarakat sekitar lokasi perusahaan Lubuk Naga. Para karyawan yang terkonfirmasi positif tidak terdeteksi dalam skrining berkala Protokol Keselamatan COVID-19 PTAN terhadap seluruh karyawan, karena mereka tidak menunjukkan gejala-gejala COVID-19 yakni suhu badan tinggi, demam atau batuk atau dikenal sebagai asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG). Sebagai langkah pencegahan dan keselamatan serta untuk observasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai merujuk karyawan tersebut ke rumah sakit.

“Sebagian kecil karyawan kami yang terkonfirmasi positif namun dikarenakan mereka tidak menunjukkan gejala (orang tanpa gejala/asimptomatik), maka mereka menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari Pusat Kesehatan Masyarakat setempat,” jelas David.

Program Penyuluhan Keselamatan COVID-19 KAMI PEDULI Masyarakat Mulai minggu ini, PT Aqua Farm Nusantara telah melanjutkan program penyuluhan COVID-19 untuk masyarakat di sekitar fasilitas perusahaan di Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian program KAMI PEDULI Masyarakat untuk COVID-19 dan dilaksanakan bersama instansi kesehatan setempat. Materi edukasi tentang keselamatan dan protokol keselamatan pandemi COVID-19 disediakan oleh Puskesmas.

“Kami telah melaksanakan sesi edukasi dan penyuluhan di Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkedu pada 11 Agustus; Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan pada 12 Agustus; dan Desa Ara Payung, Kecamatan Pantai Cermin pada 13 Agustus.

Masih dalam program yang sama, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Serdang Bedagai dr. H. T. Kesuma Putra, M.Kes menyampaikan sesi tentang bahaya dan pencegahan COVID-19 dan bagaimana menghindari stigma dalam masyarakat,” kata Dian Octavia, Senior Manager Corporate & Community Affairs. Dian menambahkan, “Tanggapan masyarakat sangat menggembirakan. Pemahaman mereka tentang Upaya Keselamatan COVID-19 telah meningkat setelah mengikuti program penyuluhan ini,” kata Dian.

Sebelumnya, sebagai bagian program KAMI PEDULI Masyarakat untuk COVID-19, PTAN telah menyediakan masker, sabun cuci tangan, bahan disinfektan, tempat cuci tangan bergerak dan peralatan medis lainnya kepada masyarakat setempat dan Puskesmas setempat untuk membantu mengurangi risiko penyebaran virus korona.

“Kami akan terus bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas melalui program KAMI PEDULI Masyarakat untuk COVID-19 untuk mendukung upaya nasional dalam menghentikan penyebaran virus korona di masyarakat. Keselamatan dan kesehatan karyawan dan masyarakat sekitar selalu menjadi prioritas utama kami," jelas Dian.

Sementara itu, kepala desa Lubuk Bayas, Ruslizar, SE memberikan apresiasi atas prakarsa PT Aqua Farm Nusantara dan pemerintah. “Ini menunjukkan kerjasama antara pemerintah dan pihak terkait dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pencegahan dan COVID-19. Hal ini sangat kami hargai,” kata Ruslizar.

Adaptasi Kebiasaan Baru pandemi COVID-19 Pada Februari 2020, PT Aqua Farm Nusantara (PTAN) telah secara sukarela mengaktifkan Rencana Penanganan Risiko COVID-19 korporasi untuk memastikan keselamatan karyawan, masyarakat sekitar dan keberlangsungan pasokan produk bagi pelanggan. Ini merupakan cara terbaik untuk mendukung perlindungan mata pencaharian ribuan karyawan perusahaan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

PTAN sepenuhnya mematuhi Protokol COVID-19 berdasarkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kementerian Kesehatan dan fokus pada mempertahankan standar di tempat kerja dan implementasi 100% dan transparansi penuh. PTAN akan meneruskan operasinya dan tetap berkomitmen penuh mengikuti Protokol Keselamatan COVID-19 untuk melindungi keselamatan karyawan, melindungi lapangan kerja mereka dengan memproduksi Tilapia mutu tinggi untuk para pelanggan dan membantu upaya nasional untuk pulih dari pandemi.