MEDAN - Baru baru ini Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe, Kamis (13/8/2020) kemarin di ruang Rapat Kantor Bupati.
Kedua belah pihak sepakat mengadakan kerjasama dalam rangka Tridharma Perguruan Tinggi dan fungsi kedua belah pihak sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP mengatakan, nota kesepahaman ini mencakup kerjasama di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah islamiyah.

Menurut Rektor, kerjasama tersebut dilakukan atas prinsip saling membantu dalam pengembangan program dan institusi kedua belah pihak.

"Peran UISU dengan MoU ini adalah turut serta melibatkan diri atau turut berkonstribusi terhadap implementasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan ASN di Labuhanbatu. Jadi, UISU diposisikan oleh Pemkab Labuhanbatu sebagai mitra kelembagaan," terang Rektor ketika diwawancarai via aplikasi WhatsApp, Jumat (14/8/2020).

Dengan adanya kerjasama ini, Rektor berharap, ini dapat menjadi media dan sarana untuk mengaktualisasikan peran perguruan tinggi dalam membantu kemajuan pembangunan di daerah khususnya di Kabupaten yang dikenal dengan sebutan Ika Bina En Pabolo itu.

Di sisi lain, Rektor menegaskan, nota kesepahaman ini juga akan dilanjutkan pemerintah kabupaten/kota lainnya di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

"Ke depan kerjasama UISU dengan pemda akan dilanjutkan yaitu dengan Pemkab Langkat," tutupnya.

Sebelumnya, Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe menyampaikan keoptimisannya dalam mengembangkan pembangunan dan SDM generasi muda di Labuhanbatu melalui kerjasama dengan Universitas Islam Sumatera Utara.

Bupati mengungkapkan, keinginannya agar Labuhanbatu mampu menjadi kabupaten percontohan. Di mana nantinya akan dibangun sebuah lokasi untuk dijadikan riset bagi daerah lain.

"Kita ambil contoh wilayah di pulau Jawa, dengan lahan yang terbatas namun bisa mencukupi kebutuhan masyarakatnya, dan hal seperti itu akan kita ciptakan nantinya di Labuhanbatu yang kita cintai ini," ujar Bupati.