LANGKAT-Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat menjadi penopang kuat bagi ketersedian lumbung pangan di Langkat, khususnya padi. Serta sebagai kawasan wisata, yakni Pangkal Namu Sira – Sira dan sejumlah objek wisata lainnya.

Disampaikan Sekdakab Langkat Dr.H.Indra Salahudin mewakili Bupati Langkat, pada pelaksanaan serah terima produk hasil kegiatan Desa Binaan oleh Universitas Sumatera Utara (USU), di Jambur Bandar Meriah, Desa Pekan Sawah Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat, Sabtu (8/8/2020).

Untuk itu, Sekda atas nama Pemkab dan masyarakat Langkat , sangat memberikan respon baik terhadap ditunjuknya Desa ini sebagai lokasi Skema Desa Binaan oleh lembaga pengabdian dan masyarakat USU.

Yakni melibatkan diri dalam upaya percepatan pembangunan dan kesejahteraan di masyarakat , melalui kegiatan baik yang bersifat pembinaan, pengabdian mahasisiwa, maupun sumbangsi pemikirian serta berbagai hal lainnya.

“Kepada Civitas Akademika USU terimakasih, atas ilmu yang telah dibagikan sekaligus memberi peningkatan pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai produk hasil yang ditemukan,”sebutnya.

Untuk kedepan, sambung Sekda, pihkanya terus berharap, baik kepada dunia pendidikan dan usaha, memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah ini.

Khususnya ide gagasan untuk membuka peluang usaha , agar meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sementara Rektor USU prof. Runtung Sitepu, menjelasakan, hal ini sebagai salah satu perwujudan Tri Darma perguruan tinggi yang pelaksanaanya dikoordinir oleh lembaga pengabdian kepada masyarakat USU.

Program ini dimaksud untuk memberdayakan masyarakat dengan memecahkan masalah yang dihadapi di pedesaan.

Sebab kemajuan pedesaan, sangat mempengaruhi stabilitas nasional , baik dari segi ideology, politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan.

“Jadi program desa binaan ini, sebagai bentuk dukungan dan kepedulian dari USU untuk mempercepat pengembangan kawasan Desa. Selain itu, pengembangan kawasaan pedesaan telah menjadi isu penting dalam 5 tahun terakhir,”katanya.

Ia menyampaikan, kegiatan ini adalah pelaksanaan rangkaian kegiatan akhir program pengabdian pada masyarakat Skema Desa Binaan, yang merupakan hasil kerjasama antara USU dan Pemkab Langkat kususnya Pemerintah Desa Pekab Sawah Kecamatan Sei Bingai Langkat TA 2020.