JAKARTA - Di tengah pandemi Covid 19, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) terus melakukan pengecekan semua bidang Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang dijadwalkan 10-14 Agustus 2020. Tujuannya, untuk memastikan pelaksanaan pesta olahraga akbar nasional empat tahunan ini bisa berlangsung sukses di Bumi Cenderawasih.

"KONI Pusat terus mengecek kesiapan semua bidang PB PON Papua XX. Pekan ini saja, panitia daerah saja diundang ke Jakarta untuk melakukan rapat dengan KONI Pusat. Pengecekan bertujuan untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX yang semula dijadwalkan Oktober 2020 diundur menjadi Oktober 2021," kata Sekjen KONI Pusat, Tubagus Ade Lukman yang ditemui di Kantor KONI Pusat Senayan Jakarta, Senin (10/8/2020).

Meski adanya penundaan pelaksanaan PON XX Papua, kata Ade Lukman yang juga mantan atlt taekwondo nasional, KONI Pusat tetap ,mendorong agar penyelesaian venue tetap dilakukan tahun 2020 sesuai jadwal sebelumnya.

"Ya, kita akan dorong agar venue bisa diselesaikan tahun ini juga sehingga bisa digelar tes even dalam rangka persiapan jelang PON Papua 2021. Dan, kita berharap induk-induk organisasi (PB/PP) bisa memanfaatkannya untuk melihat kesiapan panitia dan sarana dan prasarana yang ada di Papua," katanya.

Seperti diketahui PON XX Papua 2021 mempertandingkan 37 cabang olahraga yang akan digelar di kota dan tiga kabupaten dari 20 Oktober hingga 2 November 2021. Yakni, Kota Jayapura, Mimika, Merauke dan Jayapura. ***