JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, meminta Pemerintah Daerah Sumatera Utara baik Provinsi, Kabupaten/Kota, dan pihak lainnya, dapat segera bertindak cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

"Saya meminta Gubernur, Bupati, Aparat Keamanan, BNPB dan stakeholder lainnya dapat segera membantu dan memberhentikan aktifitas warga dengan radius tertentu demi keselamatan jiwa mereka, terlebih di saat Pendemi Covid 19," kata Azis Syamsuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta (10/8/2020).

Azis Syamsuddin mengimbau, pihak berwenang khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat membagi konsentrasinya di tengah Covid-19 untuk segera membantu warga Gunung Sinabung.

"BNPB saat ini sedang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19, namun BNPB harus lebih mengutamakan tupoksinya sebagai badan Penanggulangan Bencana. Jangan sampai BNPB lupa akan tupoksinya sendiri," tegas Aziz.

Politisi Partai Golkar itu meminta agar masyarakat sekitar dapat mematuhi anjuran dari aparat keamanan jika memang perlu diungsikan agar terhindar dari abu vulkanik, jika status siaga Gunung Sinabung meningkat.

"Masyarakat dihimbau taat dan patuh untuk diungsikan jika memang status siaga di naikan, jangan sampai ada warga yang bertahan di rumahnya karena harus menjaga ternak ataupun lahan. Jangan sampai ada korban jiwa dari erupsi Gunung Sinabung karena mempertahankan harta bendanya," ujarnya.

Seperti diketahui, Gunung Sinabung kembali erupsi setelah sehari sebelumnya, Sabtu (9/8/2020) mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter di atas puncak gunung. Kali ini, Gunung Sinabung mengalami erupsi dengan ketinggian kolom 5.000 meter.***