LANGKAT-Perusahaan menyambut baik pembangunan pemerintah desa karena bermanfaat bagi masyarakat perkebunan. Perusahaan senantiasa mendukung hal itu sehingga terjalin sinergitas.

Hal demikian disampaikan manager PT Musam Ujting, Hamdani saat memberi sambutan pada musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) desa Perkebunan Sei Musam kecamatan Bahorok, Rabu (5/8/2020).

Ditegaskannya program perusahaan perkebunan pada 2022 merencakan replanting /peremajaan tanaman kelapa sawit. Untuk itu jika ada usulan kelompok ternak perlu dikaji ulang karena replanting rentan dengan kerawan ternak /tanaman. Tanaman Baru (TB) kelapa sawit paling disukai ternak sapi sehingga bisa mempengaruhi perkembangan tanaman.

"Namun demikian pihak perusahaan tetap mendukung program pembangunan pemerintah desa," urainya.

Sementara Kanit Bimas polsek, AIPTU Sumartono, tegaskan protokol kesehatan. Menurutnya saat ini Kamtibmas desa perkebunan cukup bermitra dengan polsek namun senantiasa tetap butuh kordinasi.

Camat Bahorok Dameka Putra Singarimbun S STP diwakili kasi PMP Yahyan SE mengingatkan adanya penambahan makanan tambahan dan susu bagi balita.

Kata Yahyan, pembinaan terhadap Karang taruna. Pkk, BUMDes, penambahan modal melalui proposal pengembangan usaha. Sasaran menunjang pengembangan kemasyarakatan dan peningkatan economi.

Usulan Bidan desa, Nofrida agar test gula darah, kolestrol tensi gratis kesehatan bagi lansia. "Selama ini perhatian dan kepedulian perusahaan cukup besar," bebernya.

Ditempat yang sama kepala desa (Kades) Perkebunan Sei Musam, H Sawaluddin SE mengatakan Alan berkordinasi dengan perusahaan agar bisa membantu dan memfasilitasi.

Kades juga berharap agar meningkatkan sektor pemberdayaan kemasyarakatan sektoral ekonomi karena pembangunan fisik didesa perkebunan sudah memadai.

Masing -masing kepala dusun (kadus) mengusulkan pembangunan seperti leining paret di pemukiman pondok karyawan, paking block di kantor desa dan rumah ibadah.

Hadir ketua BPD Jadiaman Saragih, tim Penggerak PKK, kaur serta perangkat. Usulan akan ditampung dan dibahas di musrengbang tingkat kecamatan.

Usulan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran sesuai dan penyesuaian skala prioritas.