JAKARTAPelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong dan PSSI memastikan timnas senior dan U-19 akan menjalani latihan perdana di lapangan Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (7/8/2020).  Sebelumnya timnas senior dan U-19 belum melakukan latihan karena harus mengikuti protokol kesehatan dan menunggu hasil swab test hingga tiga kali terlebih dahulu.

Latihan perdana timnas senior dan U-19 seharusnya direncanakan pada Sabtu (1/8/2020) di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Skuat Garuda sudah datang dan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta sejak Kamis (23/7/2020) lalu. Satu hari sebelumnya pelatih Shin Tae-yong juga sudah mendarat di Jakarta setelah melakukan perjalanan Korea Selatan.

“Saya ingin memastikan seluruh pemain tidak terkena Covid-19 sebelum memulai latihan di lapangan. Kami juga meminta tim medis untuk melakukan second opinion (swab test lagi) ke rumah sakit lainnya,” kata Shin Tae-yong.

Pada Kamis (30/7/2020) lalu, skuat Garuda menjalankan swab test yang ketiga dan diikuti 98 pemain dan ofisial. Saat ini seluruh pemain masih menjalani latihan secara mandiri di Hotel Fairmont, Jakarta yang notabene tempat menginap timnas selama pemusatan latihan.

“Selain itu, ada beberapa pemain dari Eropa yang baru bergabung sama kami (David Maulana, Brylian Aldama, Egy Maulana, Elkan Baggot), tentu harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Kami ingin semua pemain harus steril,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara itu, kepala medis PSSI dan juga kepala dokter timnas Syarif Alwi mengonfirmasi keinginan pelatih Shin Tae-yong. "Kami sudah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan Covid-19 yang diminta oleh pelatih dan menunggu arahan selanjutnya dari federasi (PSSI).''

Bagi timnas Indonesia, TC ini sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tiga laga tersebut, yakni melawan tuan rumah Thailand (8/10/2020), menjamu Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan tandang ke Vietnam (12/11/2020). 

Sedangkan timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. ***