LANGKAT-Perdana, kepala desa (kades) Lau Damak, Ngemat Ginting memimpin rapat musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) Senen, 3/8/2020. Informasi dihimpun menyebutkan rapat musrenbangdes agenda tahunan rutin di desa.

Ngemat, Kades terpilih dilantik Agustus tahun lalu. "Jadi pimpinan rapat yang perdana untuk menampung dan merumuskan usulan pembangunan yang terlahir dari usulan musyawarah dusun (musdus)," urai sumber.

Saat musrenbangdes, tujuh kepala dusun (kadus) menyampaikan hasil rangkuman musdus melanjutkan pembangunan di dusun sesuai kebutuhan.

Hal demikian dipaparkan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Salim. Usulan mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Diuraikannya usulan terdiri dari pembuatan leining paret, penyertuan/pengerasan hingga pengaspalan jalan di beberapa dusun.

Sementara kades Lau Damak, Ngemat Ginting menegaskan usulan akan dibahas dan dirumuskan skala prioritas oleh tim sebelas. Ditambahkannya infrastruktur wisata menuju gua air juga diusulkan warga dusun Tanjung Naman dan Selayang. "Diprediksi mampu mendongkrak wisatawan domestic dan mancanegara," imbuh Kades.

Berkaitan itu sekretaris kecamatan (sekcam) Rukun Sinuraya SE menjelaskan anggaran yang diusulkan bersumber dari Dana Desa (DD) Alokasi Dana Desa (ADD) serta APBD Langkat di tahun 2021.

"Selayaknya tim sebelas merumuskan usulan skala prioritas berdasarkan kebutuhan sebelum disampaikan ke musrenbang kecamatan," tegas Rukun.

Pada session dialog beberapa masukan ditampung seperti peningkatan ekonomi sektoral, seni budaya, kesehata, penambahan modal usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sasaran pemberdayaan kemasyarakatan yang meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) menuju desa sejahtera dan mandiri.

Hadir Bhabinkamtibmas, Bripka Herber ML Tampubolon, ketua LPMD, Ir Metehsa Surbakti, bidan desa serta kaur /perangkat. Tim sebelas akan membahas merumuskan usulan dan difinalkan yang menjadi skala prioritas dibawah kendali sekretaris desa (sekdes) Hendri Sembiring.