MEDAN - Susunan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Sumatera Utara (DPD KNPI Sumut), Periode 2020-2023 akhirnya disahkan.

Dengan pengesahan itu, Samsir Pohan secara sah dan resmi menggantikan Sugiat Santoso sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Sumatera Utara.

Informasi dihimpun, Kamis (30/7/2020), Surat Keputusan pengesahan diserahkan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama kepada Samsir Pohan pada Senin (29/7/2020) di kantor DPP KNPI, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan,

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama berharap KNPI Sumut mampu memberikan kontribusi yang positif khususnya dalam membangun kelompok pemuda di Sumatera Utara.

"Saya optimis KNPI Sumut di bawah pimpinan Samsir Pohan akan mampu berperan maksimal dan mewarnai kepemudaan di Sumut," ucap Haris.

Haris juga berharap KNPI Sumut harus kembali pada khitahnya dan tetap utuh seperti semula.

"Saya optimis, Samsir Pohan akan mampu membawa KNPI agar bermanfaat bagi kaum muda di Sumut,” ucap Haris Pertama itu.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan mengatakan
Pengurus DPD KNPI Sumut merupakan representasi kaum muda di Sumut. Mereka memiliki latarbelakang yang beragam, mulai dari perwakilan unsur OKP, sayap kepemudaan, Ormas, maupun Partai Politik (Parpol), serta pemuda yang terpilih karena potensinya.

"Pengurus KNPI Sumut berasal dari latar belakang profesi dan keahlian, dan tentu mewakili kelompok milenial. Ada mahasiswa pascasarjana, aktivis NGO, akademisi, peneliti dan jurnalis, dokter, lawyer, wirausaha, anggota DPRD, pejabat BUMD, atlet dan Aparatur Sipil Negara (ASN)," ungkap Samsir.

Samsir yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi Golkar Sumut, dengan latar belakang pengurus yang cukup lengkap itu membuatnya merasa sangat optimis bahwa KNPI Sumut akan mampu berkolaborasi dalam membangun kelompok pemuda masa depan Sumatera Utara.

"Kita agendakan dalam waktu dekat seluruh pengurus akan segera dilantik oleh Ketua Umum DPP KNPI dan kita akan bergerak dan siap menjadi mitra pemerintah dalam membangun Sumut," pungkasnya.

Disinggung soal struktur Penasihat dan Majelis Pemuda Indonesia (MPI), Samsir menegaskan ada nama Bupati Tapteng yang juga mantan Bendahara KNPI Sumut, Bakhtiar Ahmad Sibarani sebagai Ketua Dewan Penasehat dan juga Bupati Taput Nikson Nababan selaku Wakil Ketua Dewan Penasehat.

Sekretaris Dewan Penasehat Irsan Effendi Nasution Nasution, Walikota Padangsidimpuan yang juga merupakan senior KNPI.

Ketua MPI KNPI Sumut Sugiat Santoso dan Sekretaris Alimnur Nasution.

Berikut ini Susunan Kepengurusan DPD KNPI Sumatera Utara berdasarkan sesuai Surat Keputusan DPP KNPI Nomor: Kep.30/DPP KNPI/VII/2020 tentang Pengesahan Komposisi dan Personalia Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Sumatera Utara Periode 2020-2023: