JAKARTA - PSSI telah berdiskusi dengan pelatih Timnas U 19 Indoneia, Shin Tae Yong terkait road map kepelatihan timnas. Bahkan, PSSI juga terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Korea Selatan (Korsel), terutama untuk mematangkan rencana pelatnas Timnas U-19 di negeri ginseng tersebut.

“Kami memastikan kerjasama dengan Korsel, agar saat timnas kita ke sana tak perlu menjalani isolasi selama 14 hari, karena di sini pun pemain kita sudah terbukti sehat semua, dan hasil swabnya pun ada. Harapannya, begitu tiba di sana bisa langsung latihan sehingga pemain tak terlalu jenuh berada di dalam ruangan saja,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat mengunjungi skuat Garuda melakukan test Swab di Hotel Fairmont Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Didampingi Kepala Dokter PSSI dan timnas, Syarif Alwi, Iriawan yang akrab dipanggil Iwan Bule menjelaskan bahwa kondisi para pemain Timnas U-19 dan Timnas Senior semua dalam keadaan sehat. “Dengan demikian pada Sabtu lusa, kami harapkan para pemain dapat mengikuti latihan perdana di lapangan dipimpin Shin Tae Yong. Pada TC kali ini, kami memang sangat concern pada protokol kesehatan yang sangat ketat,” tegasnya.

Pria yang pernah menjadi Kapolda Metro Jaya, Jawa Barat dan NTB ini tak lupa mengucapkan terima kasih pada tim kedokteran PSSI dan RS Proyal Progress, Jakarta, yang telah membantu memfasilitasi proses rapid dan swab bagi para pemain timnas.

Dokter Syarif menjelaskan, tes hari ini merupakan yang keempat dijalani para pemain. “Sebelum berangkat, mereka menjalani tes di daerah masing-masing, kemudian di lokasi TC ini, para pemain sudah melakukan sekali rapid test dan 2 kali swab,” paparnya.

Pada pemusatan latihan kali ini, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memanggil 29 pemain senior dan 46 pemain U-19. TC ini rencananya berlangsung hingga 8 Agustus 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Sejak pukul 07.00 WIB pagi tadi, satu per satu anggota timnas, dimulai dari Timnas U-19 dan berlanjut ke Timnas Senior, tampak menjalani tes swab dengan protokol kesehatan sangat ketat. Mereka dipanggil dari kamar secara bergelombang, dengan memperhatikan jarak antar pemain, penggunaan masker dan disinfektan dengan penuh disiplin.

Berturut-turut hadir para pemain Timnas U-19 seperti Mochammad Supriadi, Sutan Diego, Beckham Putra, dan Saddam Gaffar. Juga nampak Elkan Baggot, pemain asal klub Ipswich Town, Inggris.

Dari deretan pemain Timnas Senior tampak antara lain Evan Dimas, Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Febri Hariyadi, dan Ryuji Utomo. Terlihat juga Egy Maulana Vikri, pemain asal klub Lechia Gdanks, yang menempuh perjalanan belasan jam dari Polandia via Amsterdam untuk mengikuti pelatnas kali ini. ***