ASAHAN-Dengan rutin Satlantas Polres Asahan menggelar Operasi Patuh Toba 2020 dari 23 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

Dalam operasi yang digelar setiap hari ini dilakukan dibeberapa titik Kota Kisaran dan beberapa titik jalan raya di Kabupaten Asahan.

Kini Satlantas Polres Asahan menggelar operasi tersebut di Jalinsum Mendan-RantauPrapat tepatnya di Jalan Jendral Sudirman depan Makam Pahlawan Kisaran, Selasa (28/7/2020).

Pantauan wartawan, personil yang tergabung dari Satlantas Polres Asahan, Subdenpom Kisaran, Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan dan Satpol PP Kabupaten Asahan ini menargetkan pengendara yang tidak memakai helm, melawan arus dan over dimensi.

Terdapat bagi pengendara yang melanggar aturan diberikan sanksi dengan bentuk Tilang.

Selain itu, petugas yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Satlantas Polres Asahan, Ipda. Syamsul Bahri, SH ini juga menganjurkan kepada para pengendara untuk selalu mengikuti protokol kesehatan.

Anjuran protokol kesehatan berupa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan selalu menggunakan masker. Kemudian hal lainnya yang dilakukan oleh petugas berupa membagikan masker kepada seluruh pengguna jalan yang tidak memakai masker, menyemprotkan hand sanitizer ke tangan para pengemudi dan penumpang.

Kemudian menyemprotkan desinfektan ke dalam dan luar Bus serta memberikan himbauan kepada seluruh pengendara dan penumpang agar selalu mematuhi aturan lalu lintas dan juga memberikan himbauan untuk mengikuti protokol kesehatan.

Di lokasi, salah satu pengendara mengatakan kepada wartawan bahwa adanya Operasi Patuh Toba 2020 di wilayah hukum Polres Asahan ini sangat mengesankan. Sebab, selain memperhatikan keselamatan, petugas juga sangat memperhatikan kesehatan pengendara demi terhindarnya pengendara dari Covid19.

"Kupikir hanya sekedar razia biasa aja bang. Rupanya ada juga bagi-bagi masker. Tangan kita disemprot pakai hand sanitizer juga. Kalau aku nilai mantap kali operasi patuh toba yang dibuat sama Satlantas Polres Asahan ini," kata salah satu pengendara.

Selanjutnya, Kasatlantas Polres Asahan, AKP. Budiono Saputro, SH mengatakan bahwa adanya Operasi Patuh Toba ini bertujuan meminimalkan jumlah kecelakaan di wilayah hukum Polres Asahan.

"Kita lakukan razia ini di daerah-daerah rawan kecelakaan. Dengan tujuan dan harapan bisa menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Asahan," katanya.

AKP. Budiono mengajak masyarakat untuk sama-sama menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dengan mematuhi aturan lalu lintas.

"Dengan menggunakan helm, tidak melawan arus dan tidak over dimensi berpengaruh dalam meminimalkan jumlah kecelakaan. Maka dari itu, tiga jenis ini yang menjadi sasaran utama kita," jelas AKP. Budiono.

Mantan Kasatlantas Polres Deli Serdang ini juga menjelaskan bahwa pentingnya masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru untuk memutus mata rantai Covid19.

"Semoga dengan adanya kegiatan rutin ini, masyarakat bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru," ujarnya.

Menurutnya keselamatan pengendara merupakan kebanggaannya dan para personilnya. "Anda selamat kami bangga. Stop pelanggaran, stop kecelakaan," tutupnya.*