MEDAN - Panitia Pengarah (Steering Committee) menggelar rapat persiapan Musda X Golkar Sumut. Rapat yang digelar di Kantor DPD Golkar Sumut Jl Wahid Wasyim Medan, Senin (27/7/2020) itu menyepakati sejumlah rancangan.
Salahsatu yang disepakati yakni memasukkan persoalan Diskresi DPP Partai Golkar ke dalam Rancangan Tata Tertib Musda X Golkar Sumut. 

Hal itu juga dibenarkan Ketua SC Musda X Golkar Sumut, Rolel Harahap usai rapat. 

Saat memberi keterangan pers, Rolel turut didampingi Wakil Ketua SC Hasnan Said, Sekretaris SC Andi Wiliandi, Wakil Sekretaris Sonitehe Telaumbanua, Rosnida Nasution. 

Kemudian, Komite Organisasi SC Maimunah Assundari, Pemilihan dan Verifikasi Rudi Suntari dan Program Kerja Sulfida Eka Wasdiana. 

"Rapat ini menindaklanjuti rapat Panitia Penyelenggara Minggu 26 Juli 2020 kemarin. Dan kita SC sepakat persoalan Diskresi masuk dalam Rancangan Tatib Musda X Golkar Sumut," tegas Rolel.

Diketahui, Diskresi merupakan persetujuan DPP Partai Golkar kepada kandidat untuk maju sebagai calon ketua. 

Untuk kemudian pencalonan dilakukan di arena Musda meliputi: pengumuman bakal calon, penyerahan dukungan tertulis minimal 30 persen dari pemegang hak suara, verifikasi dukungan, pengumuman hasil verifikasi dukungan dan penetapan Calon Ketua. 

Sambung Rolel, sejumlah rancangan direncanakan rampung pada Selasa (28/7/2020). Di antaranya Rancangan Tatib, Komisi Organisasi, Komisi Program Kerja dan Draft Rancangan Keputusan.

"Rapat hari ini kita bagi tugas untuk menyiapkan rancangan materi Musda tersebut. Karena contoh draf Musda yang di JW Mariott sudah ada, jadi agak lebih mudah. Mungkin besok sudah siap, selanjutnya kita laporkan ke Hakim Pengawas Mahkamah Partai," urai Ketua Korbid Kepartaian Golkar Sumut tersebut. 

Soal jadwal pendaftaran Bakal Calon, Rolel menunggu jadwal pelaksanaan Musda yang akan disampaikan DPP Partai Golkar. 

"Mengenai kapan diumumkan pendaftaran bagi yang berkeinginan maju sebagai calon ketua, kita menunggu persetujuan jadwal Musda dari DPP Partai Golkar. Begitu kita dapat jadwal, langsung kita umumkan pendaftaran calon ketua yang dilaksanakan sekitar satu atau dua hari, dan itu sebelum pembukaan Musda," jelas Rolel.

Sebab, dijelaskannya juga, bahwa rapat Panitia Penyelenggara pada Minggu (26/07/2020) dan rapat SC Senin (27/7/2020) hari ini sepengetahuan dan dilaporkan kepada hakim pengawas Mahkamah Partai Golkar.

"Ini sebagai bentuk Musda X Partai Golkar Sumut di bawah pengawasan Mahkamah Partai," kata Rolel.