AGAM - Dua bocah kakak beradik di Aro Kandikia, Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatangkamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Kedua bocah berusia 8 tahun dan 4 tahun itu diduga tertular dari ibunya, R (29), yang tengah hamil.

''Pasien positif Covid-19 itu inisial MRA (8) laki-laki dan ZQR (4) perempuan,'' kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Khasman Zaini, Ahad (26/7/2020), seperti dikutip dari Inews.id.

Khasman menuturkan, kedua pasien positif itu diketahui berdasarkan hasil penelusuran dari klaster Gadut, Kecamatan Tilatangkamang.

''Saat ini kedua pasien telah dirawat di Rumah Sakit Ahmad Muhtar (RSAM) Bukittinggi,'' kata dia.

Sementara itu, suami R, yang pada tes swab sebelumnya tidak terkonfirmasi positif, berkemungkinan dilakukan pemeriksaan usap ulang oleh pihak RSAM Bukittinggi.

''Dengan hasil ini, tidak ada penelusuran lanjutan klaster Gaduik, Kecamatan Tilatangkamang,'' katanya.

Atas penambahan itu, pasien positif Covid-19 di Agam menjadi 24 orang dan 19 orang sudah dinyatakan sembuh. Saat ini lima pasien lainnya sedang dirawat di Padang Besi dua orang dan RSAM Bukittinggi tiga orang.

''Saya mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, cuci tangan, jangan keluar rumah kalau tidak mendesak,'' katanya.***