LANGKAT-Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3D) Empus kecamatan Bahorok membangun jalan paving block.

Informasi dihimpun Kamis, 23/7/2020 menyebutkan jalan dimaksud menuju wakaf Datuk Rubiah dusun Bungara desa itu.

"Sudah lama warga mendambakan pembangunan jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU)," urai sumber.

Senada diutarakan Mandahara (73) warga setempat, sejak masa penjajahan Belanda Makam Datuk Rubiah sudah ada. Belum ada jalan masuk dikala itu dan berlangsung cukup lama.

Seiring berjalannya waktu ditahun 2017 brrkat uluran tangan donatur dari warga yang berada diluar/ dirantau berdonasi sehingga jalan 2 M X 100 M dibebaskan menjadi aset desa.

Berkaitan itu di tahun 2019 pemerintah desa mengalokasikan anggaran dan membangun pagar /tembok pembatas tanah wakaf bersumber dari Dana Desa (DD).

"Bersyukur lokasi dimaksud senantiasa mendapat perhatian dan menjadi skala prioritas pembangunan imbuhnya. Terbuka, wakaf untuk umum khusus beragama muslim, tidak hanya dari warga sekitar," pungkasnya.

Sementara kepala desa (kades) Empus, Ramli saat ditemui dilokasi pembangunan membenarkan hal itu. Ditambahkannya belum selesai pembangunannya terkendala cuaca hujan.

Didampingi kepala dusun (kadus) Bungara, Ismail kades menguraikan tenaga pekerja lapangan memberdayakan warga sekitar. Trasparan dan dikelola Aswin selaku Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Disinggung tentang pesan pemerintah desa terhadap warga sekitar, kades berharap kiranya warga merawat dan memelihara pembangunan itu.

Menjawab wartawan, dikatakannya kita akan pugar makam Datuk Rukiah setelah mendapat keputusan hasil musyawarah desa. Diakui kades selain pembangunan paving block, bersumber dari anggaran yang sama (DD-red) desa juga membangun leining di dusun Sabah. "Renovasi madrasah di dusun Pasar Rodi, membangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di dusun Batu Gajah dan pengertuan jalan di dusun Empus," bebernya.

Diakhir perbincangan pembangunan paving block menuju TPU Datuk Rukiah menelan biaya Rp 42 jutaan.