PADANGSIDIMPUAN-Massa aksi demo yang tergabung dalam persaudaraan Aliansi Pembela Pancasila (APP) kota Medan Padangsidimpuan memadati jalan di depan Gedung DPR. Jumat (17/07/2020).

Para pendemo mengatasnamakan dirinya dari Aliansi Pembela Pancasila Kota Padangsidimpuan terdiri dari DP MUI Padangsidimpuan, PD Muhammadiyah, IMM, PD Pemuda Muhammadiyah, IPM, PD Nasiyatul Aisiyah, PC Dewan Dakhwah, PD.Tapak Suci, DPD BKPMRI, DPW FPI, Aliansi Ummat Islam Tabagsel dan Majelis Kiffah Padangsidimpuan.

Menurut pantauan Gosumut.com para demonstran ini sudah mulai  berkumpul sejak pukul 14.00 WIB. Mereka berdemo menolak rancangan undang-undang haluan ideologi pancasila. Tak hanya membatalkan pembahasan RUU ini, mereka juga menuntut agar DPR mencabut RUU HIP ini.

Para demonstran yang datang sebagian besar memang tampak mematuhi anjuran protokol kesehatan. Namun, ada juga warga yang tak menggunakan masker.

Para demonstran yang datang menyampaikan aspirasi dan Pernyataan sikap kepada DPRD Kota Padangsidimpuan terhadap Rancangan Undang - undang Haluan Idiologi Pancasila.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan, Polres Kota Padangsidimpuan, Polres Tapsel dan Dinas Perhubungan mengerahkan pasukannya di lapangan. 

Hingga berita ini di terbitkan, wartawan Gosumut masih memantau kegiatan Demonstrasi Tolak RUU HIP di Depan Gedung DPR Padangsidimpuan.*