BPJS Kesehatan Gelar Workshop Global Budget Bagi 8 Rumah Sakit Provider Kota Binjai

BPJS Kesehatan Gelar Workshop Global Budget Bagi 8 Rumah Sakit Provider Kota Binjai
Kamis, 16 Juli 2020 15:41 WIB
Penulis: Rel

Medan – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Medan melaksanakan kegiatan workshop global budget pada Rabu (08/07) yang dihadiri oleh 8 perwakilan rumah sakit di Kota Binjai. Adapun kedelapan rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Bidadari Binjai, Rumah Sakit Sylvani, Rumah Sakit Al-Fuadi, Rumah Sakit Latersia, Rumah Sakit Bangkatan, Rumah Sakit Umum Daerah Djoelham, Rumah Sakit Tingkat IV Binjai dan Rumah Sakit Artha Medica.


Ditemui oleh tim Jamkesnews, BPJS Kesehatan Cabang Medan melalui Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan, Asnila Dewi Harahap menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan workshop global budget di Kantor Cabang Medan karena Kantor Cabang Medan ditunjuk sebagai pilot project untuk pelaksanaan global budget ini.

“Hari ini adalah hari pertama dari rangkaian Workshop global Budget yang dihadiri dari rumah sakit yang ada di Kota Binjai, nantinya untuk rumah sakit di Kota Medan dan Kabupaten Langkat juga akan diadakan kegaitan yang sama dalam waktu dekat ini,” ujar Asnila.

Kegiatan yang juga dihadiri langsung oleh Deputi Direksi Bidang Riset dan Inovasi BPJS Kesehatan, Benjamin Saut melalui video conference direncanakan berlangsung selama dua hari. Benjamin menyampaikan kembali bahwa BPJS Kesehatan Cabang Medan telah ditunjuk sebagai kantor cabang pilot project untuk pelaksanaan global budget ini mengingat jumlah rumah sakit yang cukup banyak di wilayah kerja Kantor Cabang Medan.

“Harapannya setelah rumah sakit mendapatkan penjelasan mengenai teknik global budget ini akan memudahkan pihak rumah sakit dalam menghitung pendanaan layanan peserta BPJS Kesehatan selama periode satu tahun,” ujar Benjamin Saut.

Selain Benjamin Saut, juga ada Atik Nurwahyuni dari Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia yang menjelaskan mengenai INA-CBG’s dan perhitungan global budget kepada rumah sakit yang hadir pada kegiatan hari ini.

“Global budget merupakan cara pendanaan rumah sakit untuk semua pelayanan atau aktifitas selama satu tahun, dengan mempertimbangkan jumlah pelayanan tahun sebelumnya, kegiatan lain yang diperkirakan akan dilaksanakan dan kinerja rumah sakit,” jelas Atik dalam paparannya.

Sudarwin, Bagian Keuangan Rumah Sakit Bangkatan menyampaikan kesiapan sekaligus harapannya terhadap pelaksanaan global budget ini.

“Setelah tadi disampaikan paparan mengenai global budget oleh pihak BPJS (Kesehatan) dan dari FKM UI, saya melihat ini bisa jadi jalan keluar untuk pengelolaan keuangan di rumah sakit kami yang lebih baik lagi, dan kami siap untuk menjalankannya,” ungkap Sudarwin.

Editor : Fatih
Kategori : Gonews Group, Umum, Sumatera Utara, Medan
www www