TOBA-Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT. Inalum berikan bantuan sembako sebanyak 151 paket kepada korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Sigumpar dan Kecamatan Siantar Narumonda, Jumat (10/7/2020).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Manager PKBL PT Inalum (persero) Tober G. Sidabutar kepada masyarakat korban penerima manfaat yang dihadiri oleh aparat desa dan Camat setempat.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa beras 10 kg, mie instant 1 karton, telor 1 papan, minyak goreng 2 kg, ikan kaleng sarden 2 kaleng kecil, gula pasir 1 Kg dan bubuk teh celup 2 kotak.

Bencana badai angin puting beliung yang terjadi pada 1 juli 2020 dan menelan korban meninggal dunia 1 orang serta meluluhlantakkan sebanyak 150 rumah tempat tinggal mengalami kerusakan (rusak parah dan rusak ringan).

Selain sembako, PT. Inalum juga memberikan santunan kasih kepada ahli waris korban yang meninggal dunia.

Dijelaskan Tober G Sidabutar, bantuan yang diberikan Perusahan kepada 151 Kepala Keluarga (KK) korban terpaan badai puting beliung kesemunya para korban berasal dari 8 desa yang tersebar di Kecamatan Sigumpar dan Kecamatan Siantar Narumonda.

"Untuk korban meninggal, selain memberikan bantuan paket sembako, kepada walinya perusahaan PT. Inalum juga memberikan santunan dana sebagai uang duka krans bunga dari manajemen perusahan atas musibah duka yang dialami keluarga korban," terang Tober.

Atas bantuan sembako yang diberikan perusahan salah satu warga penerima bantuan dari Kecamatan Siantar Narumonda menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kepedulian perusahaan PT. Inalum atas musibah yang mereka alami bebera waktu lalu sehingga membuat korban trauma atas terjangan badai puting beliung yang telah menghancurkan rumah tempat tinggal mereka.

Senada dengan warga Kecamatan Siantar Narumonda, S Simanjuntak warga Kecamatn Sigumpar korban badai Puting beliung penerima manfaat bantuan sembako dari perusahaan PT. Inalum juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian perusahaan atas beban penderitaan yang mereka alami beberapa saat yang lalu atas terjangan badai angin puting beliung.

"Kami masyarakat berharap semoga PT. Inalum semakin jaya dan akan semakin banyak memperhatikan kondisi masyarakat," harapnya.

Camat Sigumpar, Jaga Situmorang dan Camat Siantar Narumonda, Evendy Marpaung menyampaikan dengan kejadian badai puting beliung yang menerpa warganya beberapa waktu lalu, pihaknya merasa sangat sedih menelan korban nyawa 1 orang dan merusak pemukiman warga.

"Namun demikian kami sangat berterima kasih atas apa yang dilakukan dan telah diberikan oleh manajemen perusahaan BUMN PT. Inalum untuk membantu dan meringankan beban penderitaan warga kami atas musibah yang dialaminya," kata Camat.*