Deliserdang-BPJamsostek Cabang Tanjung Morawa memfasilitasi peserta pelatihan vokasi program menjahit kepada Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bersama di Jalan Ujung Serdang Griya Tamara Tanjung Morawa, Deliserdang, Senin (13/7/2020).

Kepala BPJamsostek Cabang Tanjung Morawa, Nurmansyah mengatakan, pelatihan ini merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan kompetensi mantan peserta BPJamsostek yang nantinya dapat bersaing dan memiliki usaha dibidangnya masing-masing.

"Ini merupakan kegiatan program pemerintah serta mendukung program presiden guna mendukung tenaga kerja BPJamsostek yang terimbas PHK. Program vokasi ini memang ditujukan kepada mantan peserta dan dapat memanfaatkan kegiatan semaksimal mungkin," katanya disela-sela kegiatan pelatihan.

Nurmansyah menjelaskan, pelatihan yang dilakukan ini nantinya dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi peserta. Waktu yang diberikan selama 15 hari dan harus dimanfaatkan dengan baik.

"Kami berharap pelatihan ini memberikan peluang usaha bagi peserta yang tidak bekerja lagi dan bisa memiliki usaha kerja sendiri dengan ilmu yang sudah diberikan. Pelatihan ini nantinya dari sisi ekonomi dapat membantu peserta yang terpuruk karena banyak yang di PHK akibat dampak Covid-19," jelasnya.

Lebih lanjut, Pimpinan LPK Bersama, Emiana Sembiring mengungkapkan, sebanyak 10 peserta yang nantinya akan dididik untuk berwirausaha dalam hal menjahit berupa kemeja, rok, celana dan gamis. Pelatihan ini pun bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran agar peserta mampu berwirausaha.

"Dalam pelatihan ini, BPJamsostek Cabang Tanjung Morawa memberikan bantuan berupa ATK, bahan dan peralatan untuk menjahit. Kami pun berharap jangan sampai putus disini dan ingin mendidik warga lebih banyak lagi," ungkapnya.*