TOBA-Dua Warga Kabupaten Toba, Sumatra Utara dari Kecamatan Balige yakni RMS dan RS dinyatakan positif Covid19 setelah mendapatkan hasil tes swab, Senin (6/7/2020).

Saat ini kedua orang tersebut telah dirawat secara intensif di RSUD Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara - Sumatra Utara. Informasi dan data Ini baru diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid19 Kabupaten Toba hari ini Senin (6/7/2020) sekitar pukul 17:00 WIB dari RSUD Tarutung.

Hal tersebut dibeberkan Ketua GTPP Covid19 Kabupaten Toba melalui Sekretaris Humas nya Siti Nuraya Sirait kepada wartawan di halaman Kantor Bupati Toba, Senin (6/7/2020).

"Informasi ini diketahui berdasarkan hasil tes Swab yang telah dilakukan oleh pihak RSUD Tarutung terhadap ke dua warga Toba berinisial RMS dan RS yang dilakukan sebanyak dua kali pemeriksaan test Swab. Berdasarkan test swab tersebut hasilnya diketahui dan dinyatakan positif," kata Siti Nuraya.

Dijelaskan Siti Nuraya, bahwa kedua pasien yang positif terpapar Covid-19 diketahui tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah, namun masih ada kaitan hubungan keluarga dengan RN, yang saat ini juga positif Covid19 dan dirawat di RSUP Adam Malik Medan.

"Sebelumnya hasil penelusuran kami bahwa RMS dan RS masih ada hubungan keluarga dengan RN. Dengan bertambahnya RMS dan RS, maka selama pandemi ini ada 6 orang. Sebelumnya telah terkonfirmasi positif, 2 orang sudah sembuh," sebutnya.

Menurut Siti Nuraya Sirait, sebelum RMS dan RS dirujuk ke RSUD Tarutung sempat dilakukan rapid test di RS HKBP Balige yang hasilnya reaktif positif dan berdasarkan pemeriksaan foto terindikasi phenemoni.

"Awalnya begitu setelah hasil rapid tes dilakukan mengarah phenemoni maka pasien langsung di rujuk ke RSUD Tarutung untuk dirawat," ucapnya.

Dengan adanya penambahan terkonfirmasi positif hasil swab terhadap RMS dan RS, saat ini sedang berlanjut dilaksanakan penelusuran siapa saja yang kontak dengannya. Selanjutnya dilaksanakan penyemprotan disinfektan disekitar permukiman.

"Guna menindak lanjuti sesuai protokoler kesehatan, kita sudah menurunkan tim untuk menjalankan tugas pengamanan termasuk melaksanakan surveylans oleh petugas kesehatan guna menelusuri secara pasti," tegasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Toba ini menyebutkan dengan adanya penambahan 2 orang warga yang terkonfirmasi positif berdasarlan hasil test swab, maka sangat dibutuhkan peran aktif seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan penanganan penanggulangan penyebaran serta penularan wabah pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

"Marilah kita sama sadar dan peduli akan situasi pandemi saat ini, untuk mengatasi permasalahan dan memutus mata rantai penularan serangan wabah virus Covid-19 ini tidak semata mata hanya ada pada pihak pemerintah namun sangat dibutuhkan partisipasi, dukungan, kesadaran dan kepedulian oleh seluruh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat lainnya," katanya.

Data Covid-19 dengan data ter update per tanggal 6 Juli 2020 pukul 13.00 WIB untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan) per tanggal 5 Juli Nihil dan untuk Orang Dalam Pemantauan Baru (ODP Baru) sebanyak 1 Orang.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pantauan (PDP) per 5 Juli 2020 sebanyak 2 Orang, untuk Pasien Dalam Pemantauan Baru (PDP Baru) berjumlah 2 Orang dengan informasi yang Terkonfirmasi Positif terpapar Covid-19 sebanyak 1 orang dan terkonfirmasi Positif Baru per tanggal 6 Juli 2020 sebanyak 3 orang.

"Sesuai dengan total laporan hingga saat ini Senin, (6/7/2020) untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1 Orang warga dari Kecamatan Balige. Kemudian untuk Pasien Dalam Pantauan (PDP) sebanyak 2 Orang juga warga dari Kecamatan Balige dan Kecamatan Laguboti," ungkapnya.

Disampaikan Siti Nuraya untuk Pasien Dalam Pengawasan Baru (PDP Baru) sebanyak 2 orang saat ini sedang dirawat di RS Royal Prima Marelan Medan.

"Jadi saat ini data yang terkonfirmasi di Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GGT PPC-19) Kabupaten Toba per hari Senin, (6/7/2020) terkonfirmasi Positif sebanyak 4 orang warga dari Kecamatan Balige 3 orang, dengan 1 orang dirawat Di RSU H Adam Malik Medan dan 2 Orang dirawat di RSU Tarutung. Ditambah 1 orang warga dari Kecamatan Parmaksian dan saat ini telah melakukan Isolasi Mandiri dirumahnya di Kodya Medan," jelas Siti Nuraya.

Terakhir, Siti Nuraya menerangkan bahwa perlu diketahui berdasarkan data yang terhimpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GGT PPC-19) Kabupaten Toba per hari Senin, (6/7/2020) untuk pelaku perjalanan baru sebanyak 37 orang dan pelaku perjalan selesai pemantauan sebanyak 62 orang. jadi total pelaku perjalanan dalam pemantauan sebanyak 457 orang.*