BATUBARA-Pancasila adalah ideologi Bangsa Indonesia yang sudah tumbuh dan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sebagian berpendapat sangat miris jika ada orang yang hendak merubahnya dalam bentuk yang berbeda dengan nama rancangan UU Haluan Ideologi Pancasila. Memungkinkan hal ini dapat merongrong kedaulatan NKRI dan dianggap sebagai penghianatan terhadap dasar negara Indonesia dan Pancasila.

Menyikapi hal ini Aliansi masyarakat yang tergabung dalam ormas DPW FPI Batubara, PD GPII Batubara, Formis Batubara, Pemuda Muhammadiyah Batubara, DMI Batubara, PD Himmah, GSUI, Majelis Ta’ lim Al Adalah, Tiara Batubara, LPI, MUI Batubara, PD IGDA, KNPI Batubara, Persis, Pagurawan Bertauhid, Ikatan Pelajar Alwashliyah Batubara, Pemuda Muhammadiyah Batubara turun ke jalan tepatnya di Simpang Kuala Tanjung , Kecamatan Sei suka, Kabupaten Batubara , Minggu (5/7/20).

Adapun hal yang dilakukan para Ormas tersebut untuk melakukan demo dan menyatakan sikap terhadap tindakan makar terhadap dasar NKRI.

Dalam pantauan Gosumut, aksi berjalan cukup tertib. para pendemo mengemukakan beberapa hal dalam aksi tersebut yakni menolak dengan tegas rancangan UU Haluan Ideologi Pancasila ( RUU HIP) karena memasukkan faham komunis yang bertentangan dengan Pancasila. "Massa siap mengawal maklumat MUI tentang penolakan RUU HIP itu," teriak peserta demo.

Mereka juga nendesak dengan tegas kepada pemerintah dan DPR RI agar menghapus dan menghentikan rancangan UU HIP dari Prolegnas.

Kemudian mendesak kepolisian agar mengusut secara tuntas dan menangkap inisiator RUU HIP karena telah menghianati UUD 1945 dan Pancasila dan Menyatakan dengan tegas bahwa Pancasila sudah final menjadi dasar NKRI.

Kepada gosumut, salah seorang pendemo mengatakan bahwa sudah menjadi tugasnya untuk membela negara saat negara dirong-rong oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Sudah menjadi tugas kita bang untuk bela negara disaat negara sedang dirong-rong oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan gila kuasa," katanya.

Kemudian Kapolres Batubara AKBP ikhwan lubis mengapresiasi aksi Aliansi masyarakat Anti komunis batubara, aksi yang dimulai dari pukul 09.00 Wib dan berakhir sebelum Dzuhur itu selain berlangsung damai juga sudah mematuhi protokol covid 19.

"Saya akan menyampaikan ini kepada pimpinan terkait pernyataan sikap dari aksi warga batu bara hari ini," ujarnya.

Namun dalam kesempatan itu Ikhan lubis yang juga pelopor sedekah jum'at menghimbau organisasi yang ada untuk melakukan penggalangan dalam menggerakkan aksi sedekah.

"Karena di daerah kita banyak masyarakat miskin yang berada di garis pesisir pantai," Pungkasnya.*