ASAHAN-Data terbaru covid-19 di Kabupaten Asahan, PDP empat orang, positif bertambah menjadi 21 orang dengan pembagian 9 orang masih di rawat, 7 orang sembuh, dan 5 orang meninggal dunia.

Bertambahnya 1 orang positif warga Kabupaten Asahan berinisial K (77) seorang pria warga Dusun III, Desa Karya Baru Ambalutu, Kecamatan Buntu Pane.

Sebelumnya pasien dirawat di RS Putri Hijau Medan, dengan gejala awal lemas dan sesak napas. Namun saat menjalani pengobatan pasien meninggal pada 4 Juli 2020 lalu. Kemudian jenazah dimakamkan menggunakan protokol covid, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tuntungan Medan.

Hal tersebut diterangkan oleh Jubir Gusus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Asahan dalam keterangan Press Releasenya, Senin (6/7/2020).

"Berdasarkan laporan Gugus Tugas Provinsi Sumut, hasil swabnya (K) keluar dan dinyatakan positif covid-19," jelas Rahmat Hidayat.

Rahmat Hidayat mengatakan, Dinas Kesehatan dengan pihak Puskesmas, sampai saat ini masih melakukan pelacakan pihak keluarga dan masyarakat yang melakukan kontak langsung dengan pasien.

"Kita masih melakukan pendataan, bagi masyarakat yang melakukan kontak dengan pasien," jelas Hidayat.

Atas nama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Hidayat menyampaikan kepada seluruh perangkat mulai dari tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Lingkungan untuk mengantisipasi Penyebaran Covid 19 dengan melakukan pendataan kepada pendatang baru dengan berkoordinasi terhadap Puskesmas setempat. Disamping itu diharapkan juga untuk tetap menarapkan protokol pencegahan Covid 19 dengan tetap memakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, tetap jaga imun tubuh dengan sering berolahraga dan tetap jaga kesehatan.*