JAKARTA - Selama dua hari, Jumat dan Sabtu (3-4/7/2020) Anggota DPR Fraksi PKS Dapil DKI I Jakarta, Anis Byarwati melakukan kunjungan ke beberapa UMKM di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jatinegara, dan Cipayung, Minggu. Unit usaha yang Anis kunjungi di Kecamatan Pulogadung adalah Usaha Kue Kering (Shofi Grup), Roti Cane, Pempek, dan Usaha Frozen Food Ibu Yus.

Sedangkan di Kecamatan Jatinegara, Anis mengunjungi Usaha Halal Mart yang menjual berbagai produk rumahan dan produk herbal kesehatan.

Di Kecamatan Cipayung, Anis meninjau Usaha Tahu Pedas, Siomay dan Batagor Ibu Fatma, serta minuman Jahe Merah Mbah Muniroh.

Dalam keterangan pers diterima GoNews.co, Senin (8/5/2020). Mulai dari awal merintis usaha, perjalanan berkembangnya usaha, kualitas dan variasi produk, sarana dan prasarana produksi, pemasaran sampai rencana pengembangan usaha, menjadi topik pembicaraan Anis bersama para pengelola UMKM yang dikunjungi.

Politisi PKS ini tampak bersemangat dan antusias menyerap aspirasi Pengelola UMKM. Lebih jauh dialog bersama para pengelola UMKM, mereka mengemukakan kendala dan hambatan yang ditemui dalam melaksanakan usahanya. Dalam kesempatan dialog ini, Anis menyampaikan banyak masukan.

Anis juga menyampaikan program kemitraan Komisi XI yang diharapkan dapat membantu para pengelola UMKM dalam pengadaan alat produksi, penguatan mutu produk, peningkatan kapasitas produksi, serta perluasan pemasaran.

Program Kemitraan yang diinisiasi Anis ini diharapkan dapat menjadikan UMKM di wilayah Jakarta Timur berkembang lebih baik, dan mampu menyerap lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar lokasi.

Yusnaini, Fatimah dan Muniroh, para pengelola usaha kecil yang ditemui Anis menyampaikan kegembiraan dan terima kasih mendapatkan kunjungan Anggota Dewan yang langsung mendengar perjalanan usaha dan bersedia membantu mengembangkan usaha mereka melalui program kemitraan.

Menurut Anis, UMKM semacam ini harus didukung dan dibina dengan baik, apalagi pada saat kondisi ekonomi yang memburuk saat ini. Kelompok ini terbukti tahan terhadap goncangan krisisi ekonomi. Selain itu, UMKM ini dapat menyerap lapangan kerja dari masyarakat sekitar.

Anis mengunjungi dengan detail sampai ke dapur produksi, mencicipi produk, dan tak lupa menyempatkan untuk membeli produk-produk UMKM yang dikunjunginya.***