JAKARTA - Babel Muba United FC menyambut antusias Keputusan PSSI kembai melanjutkan kompetisi Oktober 2020. Klub Liga 2 2020, Babel United yang  resmi merger dengan klub Liga 3, Muba United FC tanggal 13 Maret 2020 ini langsung mengambil langkah dalam menghadapi ketatnya persaingan.

Dalam pertemuan di Jakarta, Jumat (3/7/2020), CEO Babel Muba United FC, Ichsan Sofyan, M Harris (Manajer), Bambang Nurdiansyah (pelatih kepala) dan Riandi Angki (Direktur Olahraga) disepakati jadwal latihan dan penambahan pasukan Babel Muba United FC. Bahkan, mereka juga menyatakan komitmen akan bekerja keras dalam upaya mewujudkan keinginan Bupati Musi Banyuasin, DR Dodi Reza Alex Noerdin yang menargetkan Babel Muba United FC bisa merumput di Kompetisi Sepakbola Liga 1 pada musim mendatang. 

"Ya, pertemuan perdana ini dalam rangka penetapan jadwal latihan bersama sekaligus membicarakan untuk melengkapi kebutuhan pasukan Babel Muda United FC. Sebab, kami sadar tidak ganpang mewujudkan target kak Dodi (red panggilan akrab Dodi Alex Noerdin) yang ingin menancapkan bendera Babel Muba United FC di Liga 1 pada musim mendatang. Semua itu butuh kerja keras dengan persiapan yang matang karena klub-klub lainnya juga mengincar dua tiket yang ada," kata Ichsan Sofyan.

Secara terus terang, Ichsan Sofyan menyebut dirinya beruntung bisa bekerja sama dengan Dodi Reza Alex Noerdin. Apalagi, lewat sentuhan putra mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang 10 tahun menjadi pembina, klub kebanggaan Wong Kito mampu mengukir prestasi cemerlang. Yakni, Juara Kompetisi Liga 1 ISL 2011/2012, Juara Piala Gubernur Kaltim 2018, Runner up Piala Presiden 2015 dan Juara Piala Gubernur Sumsel 2015. 

"Kak Dodi itu boleh dibilang sangat mencintai olahraga sepakbola. Bukan hanya komitmennya sangat besar dalam membangun sepakbola tetapi Kak Dodi ingin Babel Muba United FC menjadi klub profesional yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan khususnya Musi Banyuasin," tegasnya. 

"Saat jadi pembina Sriwijaya FC, pak Dodi itu sangat besar pengorbanannya dalam menopang kebutuhan dana. Jadi, komitmennya sebagai pembina tak perlu diragukan. Bahkan, setiap minggu beliau selalu menjalin komunikasi untuk menanyakan segala perkembangan Babel Muba United FC.  Baik itu lewat saya maupun pak Ichsan Sofyan. Kecintaan terhadap sepakbola sangat kuat dan pak Dodi juga menjanjikan jika Babel Muba United FC lolos ke Liga 1 musim depan akan dibangun lapangan sepakbola berstandar interasional di Musi Banyuasin," timpal M Harris yang pernah menjabat Bidang Keuangan Sriwijaya FC.

Kehadiran Babel Muba United FC, kata M Harris, mendapat dukungan bukan hanya masyarakat Musi Banyuasin tetapi juga para pengusaha yang tergabung dalam Muba Corporate Forum.  "Babel Muba United FC mendapat duungan dari Muba Corporate Forum dan juga menggandeng beberapa sponsor dalam mengarungi Liga 2. Makanya, kami harus menjawab dukungan itu dengan prestasi," ujarnya. 

Mantan pelatih nasional, Bambang Nurdiansyah menjelaskan jadwal latihan perdana Babel Musi Banyuasin United FC awal Agustus 2020. Bahkan, dia menyebut akan berburu pemain untuk melengkapi pasukannya. 

"Ya, kita akan memulai latihan perdana dengan protokol kesehatan awal Agustus 2020. Saat ini, kita memang masih akan merekrut pemain mumpuni untuk memperkuat posisi yang masih lemah  Ada beberapa pemain yang sudah masuk dalam daftar list," ujarnya. 

Berbicara masalah target lolos ke Liga 1 musim depan, Bambang Nurdiansyah yang akrab dipanggil Banur mengatakan perlu kerja keras. "Perlu kerja keras dan persiapan lebih matang lagi apalagi beberapa klub juga punya tekad yang sama. Yang pasti, saya akan mempersiapkan yang terbaik," tegasnya. 

Daftar Skuat Babel Muba United FC:

Penjaga Gawang :  Gianluca Pagliuca Rossy (K) dan M Bima Sakti Andiko. 

Belakang : Achmad Mahrus Bahtiar,  M Syukron, Rafiud drajat (B), Rian Miziar,  Saddam HI Tenang, Robby Andika, Bobby Satria,  Jeki Arisandi, dan Aray Suhendri. 

Tengah : Bima Ragil Satria, Frengky Kogoya,  Dolly Gultom, Hasan Husain, Risman Ariyanto Maring, Desly Nur Romandhiance, Hafit Ibrahim, Amirul Mukminin, Agus Indra Kurniawan, dan M Kanu Helmiawan.  

Depan : Rizky Dwi Ramadhana, Afriyansyah dan Yogi Rahardian. ***