ASAHAN-Salah satu dokter yaitu dr. NN yang merupakan Kordinator tim medis penanganan Covid19 di RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran telah dinyatakan positif Covid19.

Kini dokter tersebut telah dinyatakan sembuh yang sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di RD Columbia Medan.

Hal ini dikatakan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kabupaten Asahan, H. Rahmat Hidayat Siregar dalam keterangan Press Releasenya, Sabtu (4/7/2020).

"Alhamdulillah, informasi dari Gugus Tugas Provinsi Sumut dijelaskan bahwa dr.NN dinyatakan sembuh. Namun saat ini belum bisa bertugas kembali dan belum bisa kita pastikan karena yang bersangkutan masih dalam pengawasan dan pemulihan," jelas Rahmat Hidayat.

Dijelaskannya juga bahwa data terbaru Covid19 di Kabupaten Asahan kini berubah. "Untuk PDP sebanyak 3 orang, Positif bertambah 1 orang dan kini menjadi 20 orang dengan pembagian 7 orang sembuh, 9 orang masih di rawat dan 4 orang meninggal dunia," ungkapnya.

Rahmat Hidayat mengatakan bahwa adanya penambahan 1 kasus positif kemudian meninggal.

"Yang baru positif merupakan seorang pria berinisial HS (61) warga Desa Buntu Pane, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan. Sebelumnya pasien dirawat di RS Mitra Sejati Medan, dengan penyakit gagal gingal, namun saat menjalani pengobatan pasien meninggal pada 26 Juni 2020 lalu. Karena sample uji swab sudah diambil, jenazah dimakamkan menggunakan protokol covid, di pemakaman umum Buntu Pane," kata Dayat.

Sambung Hidayat bahwa berdasarkan laporan Gugus Tugas Provinsi Sumut, hasil swabnya baru keluar dan dinyatakan positif covid-19.

Untuk memutuskan mata rantai, dikatakan Rahmat Hidayat bahwa Dinas Kesehatan dengan pihak Puskesmas, sampai saat ini masih melakukan pelacakan pihak keluarga dan masyarakat yang melakukan kontak langsung dengan pasien.

"Kita masih melakukan pendataan, bagi masyarakat yang melakukan kontak dengan pasien," jelas Hidayat.

Pada Kesempatan ini Hidayat menyampaikan atas nama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 agar masyarakat tetap menarapkan protokol pencegahan Covid 19 dengan tetap memakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan, tetap jaga imun tubuh dengan sering berolahraga dan tetap jaga kesehatan.*