JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membeberkan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Media Center Kemenpora, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Makanya, Zainudin Amali membagi tugas demi menyukseskan event tersebut.

"Sebagaimana diketahui bahwa Pak Presiden (Joko Widodo) melalui rapat internal kabinet terbatas sudah memutuskan tentang pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021 pada bulan Mei dan Juni. Itu akan diselenggarakan sesuai dengan tugas yang akan diberikan FIFA kepada kita," kata Amali.

Zainudin Amali yang juga Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) ini memaparkan, ada pembagian tugas antara pemerintah dengan PSSI.

Meski ditengah pandemi Covid-19, upaya mempersiapkan penyelenggaraan hingga urusan Tim Nasional Indonesia terus dimatangkan.

"Ada pembagian tugas, kami pemerintah akan mengurus penyelenggaraan bersama-sama PSSI dan unsur lain, Kementerian/Lembaga lain. Dan, PSSI berkonsentrasi pada persiapan Tim Nasional Indonesia," jelasnya.

"Mudah-mudahan kita segera mempersiapkan karena waktunya sudah sangat pendek ya, terpotong tiga bulan lebih karena Covid-19 ini baik mempersiapkan pelatnas maupun pelaksanaan persiapan untuk penyelenggaraan juga agak terhalang," ungkapnya.

Meski demikian, setelah ada keputusan Presiden Joko Widodo, Menpora bergerak cepat dalam berkoordinasi dengan pihak terkait. Menpora berharap, dalam pelaksanaan ini nantinya tidak ada hambatan. Kekompakan menjadi kuncinya.

"Begitu ada keputusan dari Pak Presiden (Joko Widodo), kita segera jalan, bersama-sama antara PSSI dan pemerintah. Kita komunikasi terus, mudah-mudahan dengan kekompakan kita, segala sesuatu menjadi ringan dan tidak ada hambatan yang berarti dalam persiapan," ujarnya.

"Komunikasi juga dilakukan dengan Kementerian PUPR. Stadion juga sudah diputuskan dalam rapat terbatas dan itu akan dikerjakan sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo). Untuk target, yang terbaik untuk Tim Nasional Indonesia ya," pungkasnya. ***