TOBA-Bencana alam Badai angin puting beliung menerjang Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Rabu, 01/07/2020 sekitar pukul 16.00 Wib mengakibatkan rumah warga mengalami kerusakan berat dan ringan sebanyak 60 rumah.

Rincian rumah rusak terdapat di desa Narumonda II (3 Rusak Berat), Narumonda IV (1 Rusak Berat dan 1 rusak ringan), Narumonda V (14 rusak parah dan 19 rusak ringan), Narumonda VI (19 rusak parah dan 1 rusak ringan), Siantar Sitiotio (1 rusak parah) dan Siantar Dangsina (1 rusak ringan) dengan rincian 38 rusak berat, 22 rusak ringan.

Pasca bencana alam badai puting beliung PT.Toba Pulp Lestari perusahaan penghasil Bubur Kertas (Pulp) yang berdiri yang beroperasi di desa Sosorladang Kecamatan Parmaksian memberikan bantuan sosialnya kepada masyarakat Kecamatan Siantar Narumonda yang tertimpa musibah terjangan badai puting angin beliung.

PT,TPL,TBK melalui perwakilan manajemen menyerahkan bantuan sembako yakni 51 sak Beras ukuran 10 Kg, Mie Instant merek Supermi 25 Kardus, Telor 26 Papan.turut serta mewakili manajemen perusahaan menyerahkan bantuan Stack Holder Relation Mil PT.TPL,Tbk Ramson Simamora, Hotner Tampubolon, Indra Sianipar dan Parlin pane.

Bantuan sembako diterima langsung oleh Camat Siantar Narumonda Evendy Marpaung di Kantir Kepala Desa Narumonda V yang selanjutnya oleh perwakilan manajemen perusahaan menyerahkan secara simbolis kepada masyarakat korban bencana badai Angin puting beliung yang didampingi oleh Kepala Desa Narumonda V Fernando Marpaung dan Kepala Desa Narumonda VI Sahat Marpaung.

Ramson mewakili manejemen perusahaan kepada wartawan mengatakan pasca bencana alam badai puting beliung yang menerjang sejumlah rumah penduduk di beberapa desa se Kecamatan Siantar Narumonda, PT.TPL,Tbk memberikan bantuan sembako sebagai wujud kepadulian sosial perusahaan guna meringankan beban keluarga para korban bencana alam di suasana serangan wabah pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) pada dekade ini.

Ditegaskan Ramson, untuk saat ini sembako inilah dulu yang bisa di berikan perusahaan kepada para korban bencana badai puting beliung.kalau nanti ada perubahan untuk tambahan bantuan selanjutnya dari perusahaan kepada para korban akan disampaikan kembali.

Camat Siantar Narumonda Evendy Marpaung kepada wartawan menyampaikan, pasca terjangan badai angin puting beliung yang menerpa warga desa Kecamatan Siantar Narumonda, Pemerintah Kecamatan bekerja sama dengan pemerintahan desa yang mengalami bencana musibah langsung mendata para korban dan rumahnya sesuai tingkat kerusakan yang di akibatkan Badai puting beliung.

Berdasarkan data awal yang di terima Kecamatan dari Desa, kita langsung membuat permohonan bantuan kepada pihak perusahaan PT.TPL,Tbk untuk berkenan memberikan dan mereal8sasikan bantuan kepada para korban.dengan cepat pihak perusahaan merealisasikan bantuannya kepada para korban dengan memberikan bantuan sembako kepada 51 Kepala Keluarga (KK) korban bencana alam terjangan badai angin puting beliung di 5 desa se Kecamatan Siantar Narumonda.

"Atas kepedulian dan bantuan perusahaan PT.TPL,Tbk kepada warga desa Kecamatan Siantar Narumonda korban bencana badai angin puting beliung atas nama masyarakat saya ucapkan terima kasih," ungkap Efendy.

Mewakili warga korban bencana badai puting beliung Upik Marpaung (39) warga Desa Narumonda V menyampaikan, terima kasih atas bantuan sembako yang diberikan oleh PT.TPL,Tbk.

"Andaikan berkenan, sebenarnya kami para korban badai puting beliung sangat memerlukan bantuan berupa material bangunan untuk membantu bahan material memperbaiki rumah kami yang rusak atau hancur oleh terjangan badai puting beliung baru baru ini (Rabu, 01/07/2020). Sembako memang kami butuhkan di suasana bencana alam badai puting beliung dan wabah pandemi Covid-19 saat ini. Tetapi di situasi terjangan badai puting beliung yang menerpa kami saat ini yang telah menghancurkan dan meluluhlantakkan rumah kami para korban, kami sangatlah membutuhkan bantuan material bangunan untuk memperbaiki rumah tinggal kami supaya bisa kami tempati kembali seperti sedia kala. Dengan bantuan material bangunan nantinya yang kami para korban terima, rumah kami para korban yang rusak parah bisa cepat di perbaiki untuk di huni kembali. Mohonlah kami dibantu dengan matrial bangunan jangan sembako tok supaya kami dan anak kami bisa berteduh kembali dengan nyaman dan tidak ketakutan lagi akan cuaca dingin dan terpaan hujan," ucap Upik Marpaung dalam harapannya.