ASAHAN-Melalui proses yang cukup panjang, para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang bekerja di Negeri jiran tetangga Malaysia hari ini dapat pulang kekampung halamannya.

Kepulangan PMI Asal Asahan ini disambut oleh Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Kapolres Tanjung Balai, KSOP Tanjung Balai dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjung Balai, Kamis malam (2/7/2020).

Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan bahwa jumlah PMI yang dipulangkan ke Indonesia berjumlah 216 orang yang terdiri dari 208 PMI asal Kabupaten Asahan dan 8 orang dari KBRI.

"Untuk pemulangan para PMI ini tidak ada dipungut biaya sama sekali, semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan sedangkan untuk proses pemulangan PMI Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan KBRI di Kuala Lumpur Malaysia dan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia," Kata Surya.

Bupati Asahan juga mengatakan sempat terjadi penundaan pemulangan PMI ini yang disebabkan adanya permasalahan administrasi.

"Ya, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI ini, yang seharusnya kembali ke Kabupaten Asahan pada hari Rabu (1/7/2020), tetapi karena adanya permasalahan administrasi di Malaysia akhirnya PMI baru bisa kembali ke Kabupaten Asahan pada hari ini," jelas Bupati Asahan.

Untuk pemulangan PMI ini Bupati Asahan mengatakan, tidak ada paksaan dari manapun, semua atas keinginan mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena di Negeri jiran tetangga Malaysia diberlakukannya Lokcdown yang disebabkan oleh wabah covid-19 sehingga berdampak dengan pekerjaan mereka di sana.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Asahan merasa prihatin dengan keadaan mereka, sehingga Pemerintah Kabupaten Asahan memfasilitasi kepulangan mereka.

"Untuk para PMI yang baru pulang ini akan kita bawah ke tempat karantina yang berada di Kolam Renang Pemkab Asahan. Setelah sampai di sana para PMI ini akan diantar oleh Camatnya masing-masing. Kemudian Camat serta Puskesmas setempat akan mengontrol keadaan para PMI tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan," ujar H. Surya BSc.

Kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai, Bupati Asahan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dalam proses pemulangan PMI ini.

"Kepada masyarakat Kabupaten Asahan saya berharap dapat mematuhi himbauan yang diberikan oleh Pemerintah dan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19," tuturnya.*