TOBA-"Menyikapi dampak sosial terhadap kehidupan ekonomi masyarakat yang ditimbulkan oleh Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) sebagaimana yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Bencana Nasional Non Alam yang harus di hadapi secara serentak di NKRI untuk percepatan penanganan memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah pandwmi Covid-19,"ungkap Ridu Silaen Kepala Desa Siringkiron dalam sambutan dan arahannya Selasa (30/6/2020).

Kepada Gosumut.com Rindu Silaen saat di konfirmasi usai pelaksanaan pemberian bantuan Makanan Tambahan menyampaikan, Pemerintah Desa Siringkiron melalui Kepaka Desa dengan di bantu Sekretaris Desa dan seluruh perangkat Desanya untuk menyelamatkan serta membantu keselamatan dan kesehatan masyarakat desa Siringkiron melaksanakan Pemberian Bantuan Makanan Tambahan.

"Pemberian Makanan Tambahan (PMT) salah satu wujud nyata Bantuan Sosial dari Pemerintah melalui Pemerintah Desa yang diambil dengan menggunakan Anggaran dari Dana Desa (DD) TA-2020 dengan tetap mengacu pada peraturan INPRES No. 4 Tahun 2020 Tentang Refocussing Kegiatan, Relokasi Anggaran serta berbagai Peraturan dan Petunjuk pelaksanaan yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Toba untuk tahapan pelaksanaannya di setiap desa," paparnya.

Lanjut Kepala Desa, Pembagian Makanan Tambahan (PMT) oleh Pemerintahan Desa Siringkiron dibagikan kepada seluruh masyarakat Desa Siringkiron Kecamatan Silaen.

Ditegaskannya, Bencana Nasional Non Alam wabah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda Negara kita secara khusus Dunia Internasional, maka atas Instruksi Presiden berbagai Anggaran Pembangunan berikut Dana Desa (DD) juga tidak harus diperuntukkan untuk pembangunan secara fisik dimasa Pandemi ini.

Penggunaannya diubah sesuai aturan untuk Dana Desa TA - 2020 (DD) dilaksanakan dengan program Banaso Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) berikut pemberian makanan tambahan berupa Vitamin untuk menambah peningkatan Imunitas tubuh masyarakat desa untuk mengahadapi dan melawan penularan dan penyebaran wabah pandemi Virus Corona Desease 2019 (Covid-19).

Pemerintah Desa Siringkiron Kecamatan Silaen melakukan Pembagian makanan tambahan berupa vitamin dan Susu Entrasol, Susu Dancow, Susu Prenagen buat ibu ibu hamil dan menyusui, Susu SGM untuk anak anak, Madu TJ, Biolysin dan Vitamin C serta Pil Vitamin Sakatonik ABC yang dibagikan kepada 94 KK dengan dengan jumlah warga 340 orang.

Diakui salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Siringkiron Diman Silaen (68), semua makanan tambahan dibagikan dengan cara menyampaikan secara langsung kepada masyarakat penerima oleh Kepala Desa bersama dengan seluruh perangkat Desa mulai dari Dusun l Siringkiron, Dusun ll Palaba dan Dusun lll Gonting desa Siringkiron Kecamatan Silaen Kabupaten Toba.

Senada dengan tokoh masyarakat Hendra Silaen (34) warga Desa penerima bantuan makanan tambahan kepada Gosumut.com bahwa Pemberian Makanan Tambahan(PMT) yang diketahui mereka bersumber dari Dana Desa TA - 2020.untuk pemberian atau pembagian makanan Tambahan oleh Pemerintah Desa Siringkiron diberikan dan diterima mereka secara langsung dirumah mereka sendiri.

Bantuan makanan tambahan kami terima dengan cara mereka para perangjat desa mendatangi kami seluruh masyarakat penerima bantuan ke tiap tiap rumah masing masing warga desa di setiap Dusun secara langsung dengan menerapkan protokoler Kesehatan Pemerintah.

Diakui warga desa lainnya sebagai penerima bahwa mereka di tekankan oleh Kepala Desa Siringkiron dan perangkatnya untuk penerimaan bantuan makanan tambahan yang akan diberikan, Pemerintah Desa menegaskan seluruh warga penerima diam di rumah "Anda Diam di Rumah Kami datang melayani anda," ungkap warga dengan bangganya.