JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah meminta perusahaan penyedia layanan jaringan telekomunikasi untuk menjaga data pribadi pengguna layanan.

Ia menceritakan pengalaman pribadinya, bahwa nomor tak dikenal telah menghubungi dirinya melalui SMS dan menawarkan investasi. Kejadian yang dialaminya berulang kali ini, Ia sebut ‘nyeremin’ lantaran tak jarang nomor tak dikenal tersebut sudah mengetahui lebih dulu nama dirinya.

Perlindungan data pribadi, dijelaskan Rizki, termasuk isu strategis di Komisi I DPR RI. “Jadi saya harapkan perusahaan telekomunikasi bisa membantu langkah pemerintah dan DPR untuk memastikan perlindungan data pribadi bisa dijamin,”.

Hal itu disampaikan Rizki dalam rapat Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Informasi dan ICT dengan Direktur Utama (Dirut) Telkomsel, Indosat dan XL Axiata di Gedung DPR RI, Kamis (2/7/2020).

Menanggapi hal itu, Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini memastikan, pihaknya telah menggunakan ISO 27001 dan melangkukan langkah yang diperlukan untuk menjaga keamanan data.

Di masa pandemi, jelas Dian, dengan adanya digitalisasi dan banyaknya pemakaian digital platform oleh masyarakat karena social distancing, memang security menjadi hal yang sangat critical.

Oleh sebab itu, lanjut Dian, pihaknya saat ini sudah membangun grup baru mengenai data management, “sehingga security ini bisa lebih terjaga,”.

Sebagai informasi tambahan, ISO 27001 adalah standar persyaratan untuk sistem manajemen keamanan informasi (ISMS/information security management system). Penggunaannya memungkinkan organisasi dalam bentuk apapun untuk mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, detail karyawan, atau informasi yang dipercayakan oleh pihak ketiga.***