ASAHAN-LU (29) seorang wanita Warga Jalan Abdi Setya Bakti Lingkungan VI, Kecamatan Kota Kisaran Barat dan AN (65) seorang pria warga Jalan Dr. Rivai Kecamatan Kota Kisaran Barat dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini dibeberkan oleh Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan, H. Rahmad Hidayat Siregar dalam keterangan Press Releasenya, Kamis (2/7/2020).

Hidayat menjelaskan bahwa untuk pasien Inisial LU adalah salah seorang yang melakukan kontak langsung dengan rekan kerjanya disalah satu Bank yang ada di Kisaran.

Dikatakan Hidayat bahwa dari pemeriksaan rapid test yang bersangkutan non reaktif. Akan tetapi biarpun hasilnya non reaktif, yang bersangkutan atas inisiatif sendiri melakukan pemeriksaan lanjutan di RS Bunda Thamrin Medan dengan metode RT-PCR ABI 750 dan hasilnya positif Covid 19.

Sedangkan untuk pasien Inisial AN kesehariannya berperofesi sebagai tenaga kesehatan telah melakukan tes RT-PCR-Covid-19 secara mandiri di RS. Columbia dan dari hasil tes terbut AN dinyatakan positif Covid 19.

Menindaklanjuti informasi diatas, untuk memutus mata rantai penularan surveilans, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Puskesmas Sidodadi akan segera melakukan tracking kontak erat kasus tersebut. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan darah melalui rapid test Covid-19 terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan kedua pasien dimaksud.

"Sampai saat ini pelaksanaan pendataan kontak erat masih dilakukan dengan pemeriksaan/screening pada kasus kontak erat dimaksud," kata Hidayat.

Dalam kesempatan ini, Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 melalui Jubirnya Rahmat Hidayat kembali menghimbau kepada masyarakat untuk tetap memegang teguh protokol kesesahatan dengan tetap memakai masker, hindari keramaian, cuci tangan pakai sabun dan sering berolahraga serta tetap jaga kesehatan.

Dijelaskan Hidayat, untuk data Covid-19 di Asahan, untuk yang PDP 4 Orang, positif bertambah menjadi 17 orang dengan pembagian 8 orang masih di rawat, 6 orang sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.*