JAKARTA - Presiden Joko Widoro menunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali sebagai Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) untuk menyukseskan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti. Penunjukan itu dilakukan dalam rapat internal terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Saya ingin menyampaikan hasil rapat internal terbatas kabinet yang membahas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021," kata Zainudin Amali kepada wartawan di Media Centre Kemenpora Jakarta.

"Ada beberapa keputusan, pertama adalah karena ini seluruh pembiayaan akan dilakukan melalui APBN, maka untuk panitia penyelenggara yang di situ ada unsur pemerintah yakni, membentuk INAFOC. Keputusan rapat tadi, INAFOC langsung dipimpin oleh menteri yang membidangi, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga," sambungnya.

Untuk hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membidanginya untuk pembangunan infrastruktur. Sementara, untuk urusan Tim Nasional Indonesia dibawah tanggung jawab Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kemudian juga infrastruktur, itu ditangani Kementerian PUPR. Sementara, untuk persiapan dan prestasi Tim Nasional Indonesia langsung dibawah tanggung jawab Ketua Umum PSSI. Itu inti rapat tadi," jelasnya.w

Menpora menyampaikan susunan kepanitiaan nantinya akan dikoordinasikan lebih lanjut. Kementerian/Lembaga hingga pemerintah daerah nantinya juga akan dilibatkan. Menpora ingin, kepanitiaan nantinya akan diisi dengan orang-orang yang berkompeten.

"Yang akan memimpin saya, Ketua INAFOC. Jadi susunan nantinya akan dibicarakan dan dirampungkan, melalui Keppres dulu. Kalau sudah terbit saya akan melengkapi itu. Semua unsur Kementerian/Lembaga, PSSI, pemerintah daerah dan lainnya akan kita libatkan disitu," ujarnya.

"Saya akan lihat, yang berkompeten dan (ahli) dibidangnya yang terlibat nantinya. Kepanitiaan ini kan harus ada dasar hukumnya. Yang penting penyelenggaraannya adalah kita. Timnas Indonesia tanggung jawab PSSI. Kami akan koordinasi," pungkasnya. ***