Kepala BKKBN Sumut Bersama Ketua PKK Tinjau Pelayanan Sejuta Akseptor

Kepala BKKBN Sumut Bersama Ketua PKK Tinjau Pelayanan Sejuta Akseptor
Senin, 29 Juni 2020 14:43 WIB
Penulis: Rel
DELI SERDANG - Ketua TP PKK Prov. Sumut, Ny. Nawal Edy Rahmayadi bersama Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumut, Temazaro Zega, melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Puskesmas Aras Kabu Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang dan Rumah Sakit Hermina Medan, pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Senin (29/6/2020).
Program Pelayanan KB Sejuta Akseptor ini merupakan pelayanan KB yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, dalam memenuhi kebutuhan ber-KB masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid.

“Kami berharap masyarakat Sumatera Utara, khususnya Pasangan Usia Subur dapat merencanakan kelahiran, tunda terlebih dahulu kehamilan dimasa Pandemi Covid-19 ini. Untuk itu melalui Pelayanan KB ini, kebutuhan ber-KB masyarakat Sumut dapat terpenuhi, sehingga kami optimis bersama dengan jajaran BKKBN dan mitra kerja lainnya angka kelahiran di Sumatera Utara tidak akan mengalami kenaikan di masa Covid ini," ujar Ny. Nawal Edy Rahmayadi.

Dari pantauan yang dilakukan, protokol kesehatan sangat ketat dilakukan, mulai dari sebelum memasuki ruang pelayanan, seluruh calon akseptor dan pengunjung yang hadir dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan wajib melakukan cuci tangan pakai sabun serta wajib menggunakan masker. Sementara, petugas kesehatan yang akan memberikan pelayanan KB dilengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD), Baju Hazmat, Sarung tangan, masker dan lainnya.

Ads
Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega mengungkapkan, pelayanan KB Sejuta Akseptor ini merupakan puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27, yang diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya.

Kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor ini dilaksanakan diseruh Indonesia. Sumatera Utara melakukannya di seluruh Fasilitas Kesehatan Kab/Kota se-Sumut.

"Kami optimis dengan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Bapak Gubernur, Bupati/Walikota, Pangdam I/BB, TP-PKK Sumut, PD-IBI Sumut, dan Mitra kerja kita lainnya serta masyarakat Sumatera Utara Target Sumut sebesar 63.068 Akseptor dapat kita penuhi,” ungkapnya.

Dikatakannya, target tersebut telah mereka bagi sesuai dengan kondisi masing-masing kabupaten/kota, dan untuk pemantauan hasil pelayanan, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara dan OPD-KB Kabupaten/Kota telah melakukan koordinasi melalui pembentukan posko pencatatan dan pelaporan, dan hasilnya dapat diliat secara online.

"Kita semua berharap kegiatan ini memberikan dampak terhadap penurunan angka kelahiran di Sumatera Utara serta meningkatkan penggunaan alat kontrasepsi, yang pada akhirnya harapan kita bersama semoga akan berdampak terhadap peningkatan kualitas keluarga,” terangnya.

Selain melakukan pelayanan KB, juga dilakukan pemberian bantuan sembako bagi Pengurus Poktan (Kelompok Kegiatan) Program Bangga Kencana yang ada di Kab. Deli Serdang, hal ini merupakan wujud kepedullian Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara terhadap kerja keras dan semangat Kader dalam mensukseskan Program Bangga Kencana.

Editor : Fatih
Kategori : Deli Serdang, Sumatera Utara, Peristiwa, Umum, Gonews Group
www www