LABUHANBATU - Dari 38 Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia, Kabupaten Labuhanbatu salah satu Kabupaten yang dikategorikan berhasil menekan penambahan kasus dan angka kematian yang disebabkan virus Corona (Covid-19), dan dinyatakan berhasil keluar dari zona kuning ke zona hijau.


"Hal ini kita ketahui setelah tayang secara langsung You Tube Setpres tentang pengungkapan pemerintah yang disampaikan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Wiki Adisasmito atas seluruh daerah yang ada di Indonesia, dengan hasil 38 kabupaten/kota dinyatakan berhasil meredam Covid-19," ujar Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe dalam sambutannya kepada penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Aula Kantor Kelurahan Seoldengan Kecamatan Rantau Selatan, Sabtu (27/6/2020).

Menurut dia, keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama, kerjasama antara, TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten dan juga masyarakat Labuhanbatu adalah penunjang capaian tersebut.

"Dari itu saya berharap kiranya seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait tetap fokus menghindari penyebaran virus Corona Covid-19 yang telah lama mengekang pergerakan kita. Tetap jaga jarak, kurangi aktifitas diluar rumah, rajin cuci tangan dan tetap pakai masker bila keluar rumah," pesan Andi Suhaimi.

Kabar ini di benarkan Humas Gugus tugas Kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan S.Kom. "Alhamdulillah, dari 38 Kabupaten dan Kota Labuhanbatu termasuk Kabupaten yang dinyatakan mampu menekan penambahan kasus Covid-19, ini kita ketahui ketika YouTube Setpres melakukan siaran langsung pemaparan di Istana Kepresidenan pada hari Rabu 24/6/2020 lalu," urainya.

"Ini adalah keberhasilan para ASN dan Pimpinan daerah yang bisa mengamankan serta bisa menekan kasus-kasus baru, dan tidak ada yang meninggal, ini adalah prestasi yang luar biasa," katanya.

Rajid berpesan, kiranya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terus bergandeng tangan dan bekerja sama dengan masyarakat untuk terus bisa keluar dari masalah ini, yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, agar virus tersebut benar-benar bersih dari kabupaten tercinta ini.

Berikut ini Kabupaten/Kota yang berhasil keluar dari zona kuning ke zona hijau Covid-19

1. Aceh: Aceh Barat Daya, Pidi, Simeule, Gayo Lues, Bener Meriah
2. Sumatera Utara: Toba Samosir, Labuhanbatu
3. Sumatera Barat: Padang panjang, Pariaman, dan Solok
4. Riau: Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Dumai, dan Kampar
5. Jambi: Bungur Tebo
6. Bengkulu: Mukomuko, Seluma
7. Lampung: Tulang Bawang, Pringsewu, Tulang Bawang Barat
8. Kepulauan Riau: Karimun
9. Jawa Tengah: Wonogiri, Pekalongan
10. DKI Jakarta: Kepulauan Seribu

11. NTB: Bima
12. Sulawesi Tenggara: Muna Barat
13. Sulawesi Tengah: Banggai Kepulauan
14. Sulawesi Selatan: Palopo
15. Sulawesi Barat: Mamuju Utara dan Majane
16. Maluku: Pulau Talibu
17. Maluku Utara: Buru Selatan
18. Papua: Mamberamo Tengah
19. Papua Barat: Teluk Wondama dan Manokwari Selatan.