TOBA-Pemerintahan Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda Jumat,26/06/2020 laksanakan penyaluran BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) Tahap III.

Penyaluran di laksanakan di gedung Balai Desa yang dihadiri langsung oleh warga masyarakat Desa Narumonda V sebagai penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa).

Penerima manfaat BLT DD desa Narumonda V pada Tahap III tetap sama sebagaiamana data penerima manfaat BLT DD yang telah disalurkan pada tahap I dan II pada bulan Juni tahun ini (2020) sebanyak 76 KK.

Ke 76 KK (Kepala Keluarga) penerima manfaat bansos BLT DD sesuai dengan hasil keputusan musyawarah Khusus Desa (Mususdes).dalam penyaluran BLT DD tahap III kepada penerima manfaat bantuan disalurkan kepada 73 KK dari 76 KK (3 KK tidak di salurkan).

Dijelaskan Kepala Desa Narumonda V Fernando Marpaung kepada Gosumut saat di konfirmasi di Kantornya usai penyaluran Bantuan BLT DD mengatakan, tidak disalurkannya bantuan BLT DD tahap III kepada 3 Kepala Keluarga (KK) karena ada yang tidak sedang berada di tempat. "Mereka atas nama Saut Pangilingan Siahaan dan Honor Daerah sebagai Bidan PTT Tambok Marpaung serta Eben Ezer Panjaitan tidak memiliki Administrasi atau Kartu Identitas Kependudukan lengkap sesuai dengan peraturan Kependudukan NKRI serta yang bersangkutan tidak mau mengurus dan melengkapinya," terang Kades.

Jadi dana BLT DD yang tidak diterima penerima manfaat akan di setorkan kembali ke Rekening Desa oleh Panitia penyaluran BLT DD. "Namun demikian kita tetap menunggu sampai pukul 16.00 Wib sore ini siapa tau mereka hadir untuk menerimanya.bila tidak hadir akan ditutup karena batasnya telah ditetapkan hari ini harus tuntas.karena panyaluran BLT DD dan BANSOS lainnya untuk tahap I, II dan III harus tuntas di Bulan Juni 2020 ini. Selanjutnya semua data harus sudah dilaporkan ke Kabupaten untuk rekapitulasi pelaporan penggunaan anggaran BLT DD. Untuk selanjutnya menunggu rapat dan keputusan dari Pemerintah Kabupaten dalam hal lanjutan BLT DD Tahap IV, V dan VI (bulan Juli, Agustus dan September tahun 2020) pasca Wabah Pandemi Global Covid-19," tegas Frnando Kepada Desa Narumonda V.

Lanjut Kades, penyaluran bantuan BLT DD tahap III desa Narumonda V merupakan lanjutan penyaluran Bantuan Sosial dari Dana Desa dengan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), sebagaimana yang telah diprogramkan Pemerintah Pusat untuk dijalankan oleh Pemerintah Daerah mulai dari tingkat Propinsi, Kabupaten/Kota hingga sampai ke Pemerintahan Desa/Kelurahan sesuai dengan Inpres RI Nomor 4 tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Relokasi Anggaran dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 pasca Dampak Sosial yang ditimbulkan oleh Bencana Nasional Non Alam Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Camat Kecamatan Siantar Narumonda Efendi Marpaung, ST dalam sambutannya menyampaikan, Pemberian dan penyaluran Bansos BLT DD (Bantuan Sosial Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa) pasca Bencana Nasional Non Alam serangan Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Program Bantuan Sosial ini adalah bantuan Pemerintah kepada masyrakat pasca dampak sosial yang ditimbulkan Wbah Pandemi Covid-19 yang dananya bersumber dari berbagai sumber Anggaran Dana di Pemerintah.untuk Bantuan di tingkat Desa menggunakan Anggaran Dana dari Dana Desa (DD) TA-2020.

Bantuan BLT DD diberikan kepada masyarakat per Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp.600.000 dan sudah diterima masing masing Kepala Keluarga (KK) mulai dari penyaluran Tahap I dan Tahap II beberapa waktu yang lalu.

Penyaluran dan pelaksanaan BLT DD yang menggunakan Anggaran dari Dana Desa TA-2020 dilaksanakan susuai dengan Inpres RI Nomor 4 tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Relokasi Anggaran dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 pasca Dampak Sosial yang ditimbulkan oleh Bencana Nasional Non Alam Wabah Pandemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) terhadap keberlangsungan kehidupan perekonomian masyarakat.terang Camat Siantar Narumonda Efendi Marpaung, ST dalam sambutan dan arahannya.

Ditambahkannya, Pemerintah tetap menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat akan kesadaran dan kepeduliannya serta tetap mengikuti protokoler kesehatan yang telah ditetapkan demi kesehatan dan keselamatan kita bersama dari paparan wabah pandemi Covid-19. Gunakanlah bantuan BLT DD yang telah diterima untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga masing dan jangan digunakan ke hal lain sebagaimana yang pernah di pesankan Bupati Toba Ir.Darwin Siagian "jangan Beli Langsung Tuak," himbaunya.

Hadir pada penyaluran BLT DD tahap III desa Narumonda V di hadiri dan di monitor langsung oleh Camat Siantar Narumonda Efendi Marpaung,ST yang didampingi oleh Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Siantar Narumonda Jonni Pakpahan, Ketua TP PKK Desa Narumonda V Rumondang Siahaan serta di hadiri oleh seluruh Perangkat Desa Narumonda V.

Dalam pelaksanaan penyaluran BLT DD tetap mengikuti dan melaksanakan protokoler kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan wabah pandemi Covid-19.