MALANG - kiper Arema FC terpaksa menjalani latihan di rumah masing-masing selama libur panjang Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020 akibat pandemi virus Covid-19. Namun, pelatih kiper Felipe Americo berinisiatif untuk melakukan latihan bersama lebih awal. Dia menilai terlalu lama libur dan tidak ada aktivitas sepak bola sama sekali tentu sangat berdampak pada kondisi para pemainnya. Untuk itu pelatih asal Brasil fokus pada pembenahan kondisi mental, fisik, dan teknik bagi Kurniawan Kartika Ajie dkk.

“Mereka sudah pasti bosan berada di rumah. Kita sudah coba untuk mulai latihan dan semua mengikuti protokol kesehatan yang ada. Saya yakin kita bisa segera baik lagi, saat ini kita fokus untuk meningkatkan 3 aspek itu,” papar Felipe.

Mantan pelatih kiper Barito Putera itu menjelaskan jika selama masa libur, ketiga aspek tersebut mengalami kondisi penurunan. 

“Pasti secara fisik kondisi mereka turun sekitar 50 persen karena 3 bulan lebih mereka di rumah. Teknik juga kita benahi untuk mengembalikan feeling ball pemain dan juga mental kita benahi agar ketika kompetisi dimulai lagi mereka sudah dalam kondisi siap,” katanya.

Felipe menyambut positif rencana kembali bergulirnya Shopee Liga 1 2020 di bulan September atau Oktober mendatang. Felipe juga optimis sebelum kompetisi kembali digulirkan, para pemainnya sudah kembali berada dalam kondisi 100 persen. ***