LHOKSEUMAWE-Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro, secara resmi membuka latihan Geladi Posko I Kodim 0104 Aceh Timur, di Makodim 0104/Aceh Timur, kemarin.

Dalam kesempatan itu Danrem 011 Lilawangsa mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan latihan, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi, baik itu kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, serta pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki.

Selain itu, sambung Danrem, perlu keterpaduan dan kerjasama serta mensinergikan segenap kemampuan semua elemen dalam rangka mengatasi dan menangani penanggulangan bencana secara terpadu, terorganisir dan terkoordinasikan dalam satu wadah dengan melibatkan unsur TNI, Polri, unsur Basarnas, BPBD, Pemda,dan Ormas di wilayah, yang disinkronkan melalui kegiatan latihan yang digelar saat ini.

Disebutkan, kondisi geografis Provinsi Aceh sangatlah rentan terhadap bencana alam, khususnya di Wilayah Korem 011 Lilawangsa dan jajarannya, termasuk di Wilayah Kodim 0104/Aceh Timur yang sangat rentan terhadap musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“TNI sesuai dengan peran tugasnya dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) merupakan pilar dan alat pertahanan negara diwilayah darat, yang bersentuhan langsung dengan sendi-sendi kehidupan sosial masyarakat. Sehingga diminta atau tidak, peran satuan komando kewilayahan harus dapat membantu menanggulangi, mengatasi kesulitan masyarakat kapanpun, dimanapun dan dalam situasi bagaimanapun,” pungkas Kolonel Inf Sumirating Baskoro.