JAKARTA - Pandemi Covid-19 memaksa turnamen bulutangkis terhenti untuk sementara. Turnamen resmi terakhir selama pandemi terjadi adalah All England 2020 pada Maret lalu. Badminton World Federation (BWF) telah mengumumkan jadwal pertandingan terbaru yang dimulai Agustus mendatang, namun sejumlah turnamen akhirnya harus dibatalkan, salah satunya Hyderabad Open 2020 yang awalnya dijadwalkan pada tanggal 11-16 Agustus 2020. Hal inilah yang melatarbelakangi PBSI dalam menyelenggarakan sebuah turnamen bertajuk Mola TV PBSI Home Tournament, sebuah turnamen antar atlet pelatnas yang bakal digelar di Pelatnas PBSI Cipayung mulai 24 Juni 2020 nanti.

"Atlet sudah menjalani latihan cukup panjang, mulai dari latihan untuk jaga kondisi dan feel bermain, hingga latihan intensif mulai awal Juni untuk pengkondisian persiapan menuju turnamen. Tapi melihat perkembangan yang ada, sejumlah turnamen batal. Turnamen yang sudah dijadwalkan pun masih belum ada kepastian, sedangkan para pelatih melihat anak-anak sudah haus bertanding," kata Achmad Budiharto, Sekretaris Jenderal PP PBSI.

"Maka kami berinisiatif untuk memberi wadah kompetisi bagi atlet dan kebetulan ada sponsor juga. Inspirasi awalnya dari tim ganda putra, lalu sektor lain pun berkeinginan timnya untuk bertanding di Home Tournament, jadi kami buat Home Tournament untuk semua sektor," jelas Budiharto.

Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda, PBSI tetap menerapkan protokol kesehatan dalam event ini.

"Kejuaraan ini dilangsungkan tanpa penonton dan protokol pencegahan Covid-19 akan tetap berjalan," ujar Budiharto.

Mola TV PBSI Home Tournament akan mempertandingkan satu sektor di tiap minggunya, pada hari Rabu, Kamis dan Jumat. Tim ganda putra akan membuka kompetisi ini pada 24-26 Juni mendatang. Sebanyak enam pasang akan bertarung dengan format setengah kompetisi dan akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 100 juta.

Pemenang akan mendapat hadiah sebesar Rp. 50 juta, runner up Rp 25 juta, selebihnya akan diberikan kepada pasangan peringkat ketiga sampai keenam.

Kejuaraan ini akan diselenggarakan layaknya kejuaraan resmi, lengkap dengan referee, wasit, hakim servis, hakim garis, serta team match control. Home Tournament akan disiarkan secara langsung, eksklusif oleh Mola TV sehingga dapat dinikmati oleh para pecinta bulutangkis.

Pertandingan akan dilangsungkan dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pada pagi hari pukul 08.30 WIB. Sedangkan sesi sore akan berlangsung pada pukul 15.00. WIB.

Berikut daftar enam pasang ganda putra yang akan bertanding di Mola TV PBSI Home Tournament:

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Moh. Reza Pahlevi Isfahani
2. Marcus Fernaldi Gideon/Muhammad Shohibul Fikri
3. Mohammad Ahsan/Leo Rolly Carnando
4. Hendra Setiawan/Pramudya Kusumawardana
5. Muhammad Rian Ardianto/Daniel Marthin
6. Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. ***