TOKYO - Unidentified flying object (UFO/objek terbang tak dikenal) melayang di langit Aoba, Sendai, Jepang, Rabu (17/6/2020) pagi waktu setempat. Dikutip dari Liputan6.com, benda misterius seperti balon yang terlihat melayang di langit Jepang utara itu menyedot perhatian warga Jepang. Warga meramaikan media sosial dengan memosting gambar dan memperdebatkan apa yang mereka lihat.

''Benda putih ini tidak bergerak sama sekali. Apa itu? Adakah yang bisa memberitahuku?'' tulis salah seorang warganet.

Pihak berwenang mengaku bingung dengan UFO tersebut. Dari gambar close-up yang diambil penduduk setempat, objek itu tampak seperti balon yang melekat pada tongkat bersilang dengan baling-baling.

''Objek itu tampak seperti balon untuk memantau cuaca, tapi itu bukan milik kita,'' kata seorang pejabat di biro Sendai Badan Meteorologi Jepang kepada AFP, Kamis (18/6/2020).

Polisi setempat dilaporkan menerbangkan helikopter untuk mengonfirmasi keberadaan UFO itu, tetapi gagal mengungkap identitasnya - bahkan setelah berkonsultasi dengan otoritas dan organisasi lain.

Melayang ke Pasifik

Departemen aeronautika Universitas Kyushu secara terbuka membantah perangkat itu milik mereka, setelah spekulasi publik.

Shinichiro Higashino, seorang profesor di departemen mengatakan kepada Fuji TV bahwa gambar close-up objek itu terlihat dilengkapi dengan panel surya.

''Mungkin saja bisa melakukan pengamatan ilmiah atau memonitor sesuatu,'' katanya.

Misteri itu mendapat liputan nasional, dan bahkan memicu pertanyaan kepada juru bicara pemerintah pada saat pengarahan hariannya. Yoshihide Suga mengatakan, pemerintah sadar akan objek misteri itu, tetapi menolak saran bahwa itu mungkin pekerjaan pemerintah asing atau mampu menyebabkan kerusakan.

Misteri itu mungkin tetap belum terselesaikan - objek tersebut sekarang dilaporkan melayang ke Pasifik, di mana pihak berwenang telah kehilangan jejaknya. ***