ASAHAN-Meluapnya air akibat hujan sehingga menimbulkan banjir di 7 Desa Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Kamis (18/6/2020).

Adapun desa yang terkena musibah banjir yaitu Desa Ambalutu Dusun 1, 2, 3 dan 5 sebanyak 100 KK, Desa Mekar Sari Dusun 3, 4, 5, 8, 9, dan 10 sebanyak 580 KK, Desa Prapat Janji Dusun 8, 9 dan 10 sebanyak 82 KK.

Kemudian, Desa Karya Ambalutu Dusun 1 dan 2 sebanyak 70 KK, Desa Buntu Pane Dusun 2 dan 11 sebanyak 30 KK, Desa Sei Silau Timur Dusun 1A, 1B, 2A, 2B, 3, 4 dan 5 sebanyak 633 KK serta Desa Perkebunan Sei Silau Dusun 4 namun hanya areal kebun yang terdampak dan tidak ada memasuki rumah penduduk.

Adanya musibah tersebut, Polsek Prapat Janji Polres Asahan bertindak cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak musibah banjir yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Prapat Janji Iptu. JT. Siregar, SH dan diikuti oleh Wakapolsek Prapat Janji Iptu. SY. Harahap, Kanit Binmas, Aiptu. CH. Sianipar dan dua personil Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Prapat Janji Iptu. JT Siregar, SH menjelaskan bahwa banjir berangsur surut dan banjir meluap ke arah pinggiran sungai Desa Prapat Janji dan Desa Mekar Sari Kecamatan Buntu Pane.

Beberapa hal yang dilakukan pihak Polsek Prapat janji, diantaranya melaksanakan pengecekan bencana tersebut dengan ketinggian air lebih kurang 40 cm hingga 80 cm memasuki rumah warga dan perkantoran.

Selain itu, Kapolsek memberikan bantuan ke Desa Karya Ambalutu berupa Beras 5 Kg sebanyak 2 karung dan 1 kotak mie instan yang diterima Kades Ambalutu untuk dapur umum.

Selanjutnya Iptu. JT. Siregar menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik menghadapi banjir.

"Saya harap masyarakat tetap tenang, walau musibah sedang melanda kita. Dengan senang hati kami dari Kepolisian terkhusus Sektor Prapat Janji, Polres Asahan siap membantu masyarakat yang tertimpa musibah," ucapnya.

Kepada www.gosumut.com, Kapolsek menegaskan bahwa kehadiran Polri di tengah masyarakat akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan terjalin hubungan yang baik, harmonis dalam menciptakan harkamtibmas yang kondusif.

"Kita tetap berupaya yang terbaik untuk masyarakat," pungkasnya.*