TOBA-Pemerintah Desa Kabupaten Toba dari 231 Desa telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebagaimana yang telah di programkan dan ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Bantuan BLT DD disalurkan pasca dampak sosial yang ditimbulkan wabah pandemi global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang mendera dunia pada dekade ini khususnya di wilayah NKRI.

Kepala Dinas PMD dan PPA Kabupaten Toba Hendri Silalahi, SE, M.Si melalui Kabid Pemerintahan Desa Saut MT Sihombing kepada Gosumut.com saat di konfirmasi Selasa, 16/06/2020 di desa Narumonda VI Kecamatan Siantar Narumonda saat pelaksanaan monitoring penyaluran Bantuan BLT DD tahap II (Dua) oleh Bupati Toba dan Ketua TP PKK Kabupaten Toba.

Saut menyampaikan bahwa seluruh jenis bantuan yang diberikan pemerintah pada dasarnya bertujuan untuk meringankan beban para korban pandemi Covid-19. "Kita harus bersyukur dengan bantuan ini dan semoga berkah bagi kita semua. Apalagi kita belum tahu kapan virus ini akan berakhir", ungkapnya.

Ia juga meminta para penerima bantuan untuk manfaatkan uang tersebut guna membeli kebutuhan pokok. "Belilah beras dan kebutuhan pokok yang lain. Yang penting kebutuhan pangan selama sebulan ke depan bisa aman. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting," pungkasnya.

Disampaikan Saut untuk pelaksanaan Penyaluran bantuan BLT DD tahap 1 di Kabupaten Toba sampai tanggal 15 juni 2020 jumlah Desa penerima manfaat bantuan BLT DD pasca dampak sosial Wabah Pandemi Covid-19 sejumlah 231 Desa dan sudah tersalurkan dengan baik di 230 Desa dengan jumlah penerima sebanyak 10.852 Kepala Keluarga (KK) dengan Jumlah uang yang tersalurkan Rp.6.511.200.000.

Untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Penyaluran tahap II (Dua) di bulan Juni 2020 ini per 15 Juni 2020 di Kabipaten Toba telah di salurkan di 126 desa dari 231 desa se Kabupaten Toba dengan jumlah penerima 6254 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah uang yang sudah tersalurkan sebesar Rp. 3.752.400.000,-

Sedangkan untuk penyaluran bantuan BLT DD Tahap III (Tiga) pasca dampak sosial yang ditimbulkan wabah pandemi Covid-19 saat ini per tanggal 15 Juni 2020 yang menyalurkan masih 2 desa dari 231 Desa se Kabupaten Toba dengan jumlah penerima manfaat bantuan 104 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah uang sudah tersalurkan sebesar Rp. 62.400.000.ungkap Saut Kabid Pemerintah Desa Dinas PMD dan PPA Kabupaten Toba kepada Gosumut.com.

Ditegaskan Saut, pelaksanaan penyaluran bantuan BLT DD tetap di pantau dan di monitor langsung oleh Bupati Toba Ir.Darwin Siagian serta memerintahkan para kepala SKPD lainnya untuk turun langsung ke setiap desa yang melakukan pembagian BLT DD guna melakukan monitor atau prmantauan langsung penyaluran bantuan.

Hal ini di perintahkan Bupati guna memastikan secara langsung supaya penerima manfaat tepat sasaran dan jangan samlaimada yang tumpang tindih maupun duble penerimaannya.bila ada warga masyarakat yang seharusnya layak mendapatkan bantuan namun belum tercatat atau belum menerima bantuan supaya bisa di monitor dan diupayakan supaya mendaptakan bantuan.

Bupati menegaskan, di masa wabah Pandemi Covid-19 ini semua warga harus menerima bantuan sesuai yang telah ditetapkan oleh peraturan penerima manfaat bantuan sosial pasca dampak sosial yang ditimbulkan oleh wabah pandemi Covid-19 saat ini.