BANDUNG - Di tengah pandemi corona atau Covid 19, pemain sepakbola harus tetap menjalani latihan. Secara bertahap mereka berkehidupan dengan protokol kesehatan demi terhindar dari virus. Upaya seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker atau face shield, serta social distancing. Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengamanatkan anak-anak asuhnya disiplin mengikuti new normal berprotokol kesehatan di tengah masyarakat. Ia juga berpikir apa saja yang mesti dilakukan ketika tim berada di ruang ganti, baik latihan dan pertandingan.

"Jadi virus ini mengingatkan bahwa kami begitu rentan dan manusia akan begitu mudahnya terdampak. Jadi kami harus mulai mengikuti new normal dan dalam cakupan kami ini termasuk bagaimana situasi di ruang ganti," paparnya.

Menurut pelatih asal Belanda tersebut, kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan adalah mutlak wajib dilakukan. Penyebaran Covid-19 terus berlangsung, jangan sampai dunia sepak bola menjadi klaster baru Corona di Indonesia.

"Untuk saat ini, yang terpenting semua butuh melakukan social distancing, menjaga kebersihan dan membuka mata soal bahayanya berinteraksi di masyarakat. Jadi semua harus lebih disiplin dalam berperilaku," imbuhnya.

Persib juga telah melakukan upaya pembatasan dalam berinteraksi dengan fans saat Corona menyerbu Indonesia Maret lalu. Hal itu harus tetap dipertahankan sesuai anjuran.

"Kondisi di lapangan dan interaksi sosial dengan fans juga harus diubah sesuai dengan anjuran. Saya rasa jika mengikuti itu, semua bisa memulai lagi (kompetisi) dan itu positif," tandasnya. ***