ASAHAN-HM (26) warga Dusun II Desa Bahung Sibatu Batu, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dinyatakan positif Covid19.

Diketahuinya HM positif terjangkit virus yang mengerikan tersebut setelah menjalani uji Swab di RH. Murni Teguh Medan.

Hal ini dibeberkan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H. Rahmad Hidayat Siregar, S.Sos, MSi melalui Press Release nya, Minggu (14/6/2020).

Hidayat menjelaskan dari data yang diterimanya, pasien selama ini bekerja di Palembang, Sumatera Selatan.

Lebih lanjut Rahmat Hidayat mengatakan sesuai informasi yang didapat bahwa Pada Bulan Maret 2020 HM adalah ODP Kabuoaten Asahan dikarenakan datang dari Palembang (tempat kerja). Dari itu HM dan diisolasi mandiri selama 14 hari, dalam keadaan sehat.

"Pada Tanggal 12 Juni 2020, dikarenakan yang bersangkutan akan kembali berkerja ke Palembang dan memerlukan surat keterangan bebas Covid19 melalui pemeriksaan Swab maka HM memeriksa diri secara mandiri ke RS Murni Teguh Medan dengan pemeriksaan Swab Nasofaring dan dari hasil pemeriksaan tersebut, HM dinyatakan Positif Covid 19," jelas Hidayat.

Rahmat Hidayat juga menegaskan bahwa HM selama 2 bulan terakhir tinggal di tempat mertuanya yang beralamat di Dusun I, Desa Pematang Jering, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara.

Sambung Hidayat, bahwa untuk langkah pencegahan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Batubara untuk melakukakn protokol pencegahan dengan melakukan tracking terhadap kontak erat dengan pasien baik yang ada di Kecamatan Sei Dadap maupun di Sei Suka.

“Untuk Kabupaten Asahan yaitu di Desa Bahung Sibatu Batu kita hanya melakukan tracking terhadap kedua orang tua HM, mengingat sejak dua bulan terakhir HM dan istri tinggal di Kabupaten Batubara," jelas Rahmat Hidayat.

Sedangakan untuk Pasien HM Sudah dilakukan Koordinasi dengan Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Batu Bara agar pasien segera dirujuk ke Medan melalui RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) Kisaran untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Data terbaru Covid-19 di Asahan yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Asahan untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) kosong, sedangkan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) satu orang, untuk yang positif bertambah menjadi delapan orang, dengan pembagian empat orang dirawat, tiga orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia," tutupnya.*