ASAHAN-Polri merupakan penegak hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dimasa pandemi Covid19, Polri mendapatkan tugas tambahan sebagai salah satu garda depan memerangi Covid19.

Dari mulai pengamanan, sosialisasi, himbauan bahkan peduli terhadap masyarakat yang terdampak Covid19.

Tak bosan-bosannya Polisi Sektor Prapat Janji, Polres Asahan mensosialisasikan New Normal Life.

Kini Kepolisian yang dipimpin oleh Iptu. JT. Siregar, SH itu telah menggelar kegiatan sosialisasi New Normal Life di Balai Karyawan PTPN III Pulau Mandi Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Jumat (13/6/2020).

Dengan antusian Ba Intel Polsek Prapat Janji, Camat Buntu Pane, Danramil 13 Buntu Pane, Manager Pulau Mandi, Manager Ambalutu, Manager PKS PTPN III Sei Silau, Ka Puskesmas Prapat Janji, Ka UPT Pendidikan, Staff Distrik Kabupaten Asahan, Kepala Desa se-Kecamatan Buntu Pane, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP PP dan IPK serta BKM Masjid se-Kecamatan Buntu Pane menghadiri dan mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Dikesempatan ini, Manager Pulau Mandi, Iwan Prata, SP mengucapkan terimakasih kepada Forkopimcam Buntu Pane yang telah sudi mengadakan sosialisasi New Normal Life di Balai Perkebunan PTPN III Pulau Mandi.

"Dengan adanya sosialisasi New Normal Life ini kita bisa mengerti dan menjelaskan apa itu New Normal Life," pungkasnya.

Kemudian Camat Buntu Pane, Eric Yudistira Nugraha, S. STP menjelaskan bahwa status Kabupaten Asahan merupakan zona kuning sedangkan Surabaya adalah zona Hitam bukan lagi merah.

"Pemerintah Kabupaten Asahan sudah mengizinkan ibadah berjemaah di Mesjid maupun di Gereja, namun protokol kesehatan tetap diterapkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Camat menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada Kabupaten Asahan akan tetap dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 namun bisa saja berubah.

Di tempat yang sama, Kapolsek Prapat Janji Iptu. JT. Siregar, SH dalam sosialisasinya menjelaskan bahwa Sumatera Utara ada 15 Kabupaten/Kota yang sudah New Normal Life, namun Kabupaten Asahan belum diberlakukan.

"Sebelum diberlakukan nya New Normal Life di Kabupaten Asahan, Polsek Prapat Janji tidak memberikan Izin Keramaian seperti Pesta Pernikahan dan lain-lain," tegasnya.

Perwira Pertama dengan pangkat dua balok emas di pundaknya ini menegaskan menghimbau selama pandemi Covid 19 masyarakat tidak diperlukan untuk berjabat tangan karena melalui berjabat tangan virus akan menyebar.

"Selama Covid19 masih mewabah, hendaknya jangan berjabat tangan. New Normal Life merupakan tatanan Hidup Baru dimana kita berdampingan dengan Covid 19," katanya.

Senada dengan Danramil 13 Buntu Pane, Kapten. Inf. Mulyanto. Ia mengatakan bahwa semua Ketentuan New Normal Life hanya ditentukan oleh pemerintahan.

"Kabupaten Asahan bisa menjadi New Normal apabila masyarakat bisa sadar dengan meningkatkan protokol kesehatan," ucapnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyajian himbauan terhadap peserta sosialisasi oleh KA Puskesmas Buntu Pane Drg. Harles Ramdani Sinulingga dan penceramahan agama yang dibawakan oleh Pemuka Agama oleh Ustadz Bisri Sumbayak. Hingga kegiatan berjalan dengan baik.*