TAPUT-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Kadis Pertanian SEY Pasaribu dan beberapa pimpinan OPD serta Camat Pagaran ketika melakukan penanaman perdana 1.000 batang pohon aren di Desa Lumban Ina-ina Kecamatan Pagaran, mengajak warga petani agar mau mengolah lahan tidur agar menjadi lahan produktif Senin, (8/6/2020).

Penanaman pohon aren diatas lahan 3,5 hektar itu dianggap akan memberikan nilai ekonomis yang tinggi dan sekaligus menggugah semangat masyarakat, khususnya petani untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif guna mendukung ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19.

"Saya berharap kehadiran saya disini mampu memotivasi masyarakat, lebih semangat bertani, Pemkab Taput siap membantu petani untuk penyediaan Alat-Alat Mesin Pertanian dan juga penyediaan bibit dan benih dalam upaya peningkatan ketahanan pangan kita. Diharapkan juga agar masyarakat tidak berpangku tangan dan tidak larut dengan pandemi covid-19 yang masih melanda kita saat ini," ucapnya.

Ayo bekerja, manfaatkan lahan tidur yang masih sangat luas menjadi lahan produktif, Pemkab taput akan memberikan solusi seandainya ada warga yang memiliki lahan namun terkendala karena tidak ada modal, bisa dengan sistem bagi hasil. "Silahkan gandeng Perusda Pertanian kita dengan sistem bagi hasil, nanti akan diatur bagaimana ketentuan kerjasamanya," sebut bupati.

"Bilamana ada lahan tidur milik warga yang akan diolah luasnya sekitar 5 hektar, saya pastikan itu menjadi prioritas untuk menurunkan alat berat pertanian. Kalau sudah seluas 5 hektar diolah menjadi lahan pertanian pasti sudah sangat menunjang ketahanan pangan. Kalau luasnya masih sekitar 1 atau 2 hektar masih bisa diolah sendiri dengan hand traktor. Saya juga menargetkan refocusing selanjutnya untuk pengadaan bibit ikan dan bibit pertanian terutama mengatasi ketahanan pangan di masa pandemi covid 19," tambahnya.

Kepala Desa Lumban Ina-Ina, Edward Lamsaut Lumbantoruan, mengapresiasi kehadiran Bupati dan Dinas Pertanian Taput, yang langsung turun ke lahan warga dan memberikan dorongan dan semangat kepada warga desanya. "Selain pada lahan 3,5 hektar ini, kita akan terus kebangkan penanaman pohon aren ini sampai 2.000 batang di lahan 6,5 hektar. Saya juga akan menyampaikan ajakan Bupati Taput kepada warga agar memanfaatkan semua lahan tidur menjadi lahan produktif. Baik untuk pertanian maupun untuk perikanan guna mendukung program kerja Pemerintah dalam ketahanan pangan."