TOBA-Dalam rangka persiapan Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke 74 Tahun 2020 pada 17 Agustus 2020 yang akan datang oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Toba melakukan seleksi pemilihan dari setiap sekolah tingkat SLTA/SMK.

Pencarian dan seleksei calon Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) tingkat Kabupaten Toba dilaksanakan setelah sebelumnya menyurati Kacabdis SMA/SMK Balige Propinsi Sumatera Utara untuk kesediaan para siswa/i SMA/SMK untuk direkrut menjadi Paskibra pada perayaan HUT Ke 74 tahun 2020 yang akan datang.

Kepala Dinas Pendidikan melalui Kabid Pembinaan Kepemudaab Dinas Pendidikan Kab.Toba Pintor Napitupulu kepada Gosumut Senin,08/06/2020 menjelaskan, untuk persiapan anggota Paskibra Kabupaten Toba Dinas Pendidikan Kabupaten Toba telah melaksanakan seleksi penerimaan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) selama tiga hari mulai 27,28 dan 29 Mei 2020.

Dijelaskan Pintor, “Seleksi Paskibra Kabupaten Toba yang yang dilaksanakan selama selama tiga hari penuh (Rabu - Jumat) terlaksana dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan pasca Wabah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Sebagai akhir selksi penerimaan, Jumat, (29/5/2020) dilaksanakan tahapan akhir seleksi yatau Pantohir.semuanya program seleksi penerimaan dilakukan panitia penerimaan Paskibra Kabupaten Toba dengan tetap mempedomani sesuai aturan dan peraturan.”

Lanjutnya, untuk seleksi Paskibra ini tetap mempedomani protap kesehatan yang pelaksanaannya dilakukan secara bergelombang.kata Piktor Nitupulu mewakili Kepala Dinas Pendidikan Toba, Parlinggoman Panjaitan kepada Gosumut.com saat dikonfirmasi Senin, (8/6/2020).

Ditambahkannya, "untuk Satu gelombang tahapan seleksi di ikuti 10 orang peserta seleksi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penumpukan para peserta seleksi yang berjumlah 70 orang guna menghindari paparan Covid-19,” tegas Piktor Napitupulu.

Pada pelaksanaan seleksi Pantohir dipimpin langsung oleh DANRAMIL Balige Kapten ARH Poltak Pardede dengan petugas pelaksananya seleksi Pantohir dari personil jajaran Koramil Balige.

Dalam arahan dan sambutannya DANRAMIL Balige Kapt.ARH.Poltak Pardede berpesan kepada seluruh peserta seleksi Paskibra agar patuh dan taat kepada instruksi pelatih serta mematuhi Protokoler kesehatan pasca Wabah Pandemi Covid-19 saat ini.

Lanjutnya, saya tegaskan kepada seluruheserta jangan sampai ada dari peserta yang melawan sama anjuran pelatih, karena pelatih itu punya niat untuk melatih dan menempah karakter supaya menjadi generasi penerus,” kata Poltak Pardede yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Bosi sianipar saat seleksi akhir (Pantohir) penerimaan Paskibra Kabupaten Toba.