ASAHAN-Salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di RSUD Tengku Mansyur Pemko Tanjung Balai yang merupakan warga Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan dinyatakan Positif Covid-19.

ASN tersebut berinisial (S) setelah menjalani uji swab, dan kini di rawat di RS. Martha Friska Medan.

Hal ini dibeberkan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar dalam press release nya, Jumat (5/6/2020).

Hidayat menjelaskan dari data yang diterimanya, pasien adalah ASN di RSUD Tengku Mansyur Pemko Tanjung Balai dan bertempat tinggal di Jalan FL.Tobing, Lingkungan VI, Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.

Dikatakannya bahwa S Sebelumnya pasien masuk ke RSUD Tengku Mansyur pada hari Jumat tanggal 29 Mei 2020 dengan gejala awal demam, sakit kepala hebat dan lemas.

"Selanjutnya pada hari Minggu, tanggal 31 Mei 2020 saudara (S) dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 yaitu Rumah Sakit Martha Friska Medan guna mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Kemudian pada tanggal 3 Juni 2020 berdasarkan hasil uji Swab, (S) dinyatakan Positif Covid 19," jelas Hidayat

Menurut Hidayat , informasi yang diterimanya, saat ini pasien dalam kondisi baik, dan menjalani isolasi serta perawatan di RS. Martha Friska Medan.

Lebih Lanjut Rahmat Hidayat mengatakan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid 19 dilingkungan tempat tinggal pasien, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 langsung melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan melakukan tracing terhadap keluarga atau orang yang melakukan kontak erat dengan pesien.

Hidayat mengatakan bahwa Gugus Tugas juga telah melakukan uji Rapid Test terhadap 14 orang yang melakukan kontak langsung di lingkungan tempat tinggal pasien, Kamis (4/6/2020). "Hasilnya 1 Orang Reaktif sedangkan yang 13 Orang lagi Non Reaktif," kata Hidayat.

Sebagai tindak lanjut terhadap pemeriksaan Rapid Test terhadap satu orang yang reaktif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan langsung diisolasi di RSUD Hams Kisaran dan akan langsung dirujuk ke salah satu rumah sakit di medan.

Hidayat menjeladkan bahwa untuk data Covid-19 di Kabupaten Asahan telah bertambah positif Covid19 menjadi 6 orang, dengan pembagian 2 orang masih di rawat, 3 orang sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan PDP 2 orang dengan uraian 1 orang meninggal dunia. Kini ODP tersisa 1 orang.

"Kita berharap yang bersangkutan cepat sembuh," harap Hidayat.

Kami berharap masyarakat untuk tetap tenang, tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. tidak menyebarkan informasi yang belum jelas, menjaga kesehatan diri dan lingkungan, tetap gunakan masker saat keluar rumah, membiasakan diri cuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak saat bertemu orang lain.*