TOBA-Desa Narumonea V Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Kamis, 04/06/2020 bertempat di gedung Aula Desa salurkan Bantuan Sosial BLT (Bantuan Langsung Tunai) Anggaran dari Dana Desa (DD) Narumonda V Tahun Anggaran (TA) 2020.

Warga Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) TA - 2020 pasca dampak sosial yang ditimbulkan oleh wabah pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) sejumlah 76 KK (Kepala Keluarga).

76 KK warga penerima Bantuan Sosial BLT DD adalah para warga desa dari 3 Dusun desa Narumonda V (Dusun 1, 2 dan 3) yang terpilih sebagai penerima bantuan BLT DD dari 241 KK (Kepala Keluarga) dari seluruh warga desa Narumonda V.

Di jelaskan Kepala Desa Narumonda V Fernando Marpaung, pasca wabah Pandemi Covid-19 yang menerpa NKRI pada dekade ini melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Ŕefocussing Anggaran Kegiatan yang menggunakan Uang Negara APBN,APBD Propinsi, APBD Kabupaten/Kota hingga ke Desa untuk penanggulangan percepatan penanganan penanggulangan wabah Pandemi Covid-19.

Menyikapi peraturan tersebut Desa Narumonda V menganggarkan dan menyalurkan bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 76 Kepala Keluarga (KK).

Dijelaskan Kepala Desa, sebelumnya beberapa Kepala Keluarga (KK) telah mendapatkan dan menerima Bantuan Soaial dari Pemerintah diantaranya penerima Bantuan PKH 21 KK, Bantuan BPNT 4 KK, Bantuan Perluasan (KKS) 4 KK, penerima Bantuan BST/Non DTKS/DTKS Pos 56 KK, BST BRI 3 KK, BST BNI 2 KK, dan Bantuan Sosial Sembako dari Propinsi 8 KK.

Jadi untuk penerima Bantuan pasca dampak sosial yang ditimbulkan Wabah Pandemi Covid -19 warga desa Narumonda V 174 KK.warga desa Narumonda V yang tidak menerima Bantuan Sosial sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah adalah Pensiunan 15 KK, Aparat Desa 5 KK, Guru PAUD 2 KK, KK Domisili 98 KK, ASN 24 KK dan Honor Daerah 5 KK totalnya 135 KK.

"Untuk penerima bantuan yang belum menerima bantuan karena tidak sedang berada di tempat karena sedang berkunjung di rumah anaknya 10 KK dan akan diserahkan nantinya setelah mereka kembali pulang ke desa dengan batas waktu pada akhir bulan Desember 2020," tegas Kades.

Pada pelaksanaan pemberian pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) desa Narumonda V dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Toba Ny,Brenda Ritawati Darwin Siagian.

Hadirnya Ketua TP PKK Kabupaten Toba didampingi Sekretaris TP PKK Kabupaten Ny, Risma Jumala Marpaung Kabid PP dan PA Dinas PMD PP dan PA Kabupaten Toba, Asisten 2 Tata Pemerintahan Kabupaten Toba Sahat Manullang.

Hadirnya rombongan Ketua TP PKK Kabupaten Toba disambut serta didampingi langsung oleh Camat Siantar Narumonda Efendy Marpaung, Kepala Desa Narumonda V Fernado Marpaung dan Istri selaku Ketua TP PKK Desa, Sekdes Master Oliver Marpaung serta seluruh jajaran perangkat Pemerintah Desa Narumonda V.

Ketua TP PKK Kabupaten Toba Ny. Brenda Ritawati Darwin Siagian dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, gunakanlah bantuan dengan tepat guna dimasa dampak sosial yang ditimbulkan wabah pandemi Covid-19 saat ini.

"Saya menghimbau kepada seluruh Masyarakat desa Narumonda V, supaya kita bersama sama berjuang untuk percepatan penanganan penyebaran dan penularan wabah Pandemi Covid-19,tentunya dengan kesadaran kita masing masing serta mengikuti dan mentaati prosedur dan protomoler kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. Kalau ada keluarga yang datang dari luar daerah kita,harap segera langsung di laporkan kepada petugas gugus Covid-19 di desa jangan disembunyikan atau ditutup tutupi.jangan merasa cemas dan risau bila petugas datang memantau dan memeriksanya. Kesadaran dan kepedulian kitalah yang menyelamatkan kita dari paparan wabah pandemi Covid-19," ucapnya.

Sebelumnya Asisten 2 Sahat Manullang dalam sambutannya juga menyampaikan, pasca dampak sosial yang ditimbulkan wabah pandemi Covid-19 saat ini, Pemerintah Pusat, Daerah Propinsi, Kabupaten/Kota hingga Pemerintahan Desa telah diperintahkan melalui Instruksi Presiden untuk melakukan Refocussing pelaksanaan penggunaan anggaran demi untuk menyelamatkan dan membantu masyarakat dari dampak sosial akibat paparan wabah pendaemi Global Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Untuk itu, manfaatkan dan gunakanlah bantuan BLT DD maupun berbagai bantuan lainnya yang telah diterima oleh para warga desa lainnya dengan tepat guna sesuai dengan kebutuhan hidup di masa Bencana Nasional Non Alam serangan wabah pandemi Covid -19 yang saat ini juga menerpa seantero Dunia dan telah banyak menelan korban meninggal dunia.

Ditegaskan Asisten 2, kehadiran kami di desa Narumonda V dalam rangka pembagian penyaluran BLT DD oleh Pemerintah Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda adalah untuk memantau dan memastikan secara langsung akan pembagian penyaluran BLT DD pasca dampak sosial yang ditimbulkan oleh Wabah pandemi Covid-19.